Menu

Dua Warga Padang Terinfeksi Corona Tanpa Gejala

  Dibaca : 719 kali
Dua Warga Padang Terinfeksi Corona Tanpa Gejala
DATA PANTAUAN COVID-19 Provinsi SUMatera BARat

PADANG, METRO
Masyarakat diharapkan lebih berhati-hati dengan penyebaran virus corona.Tanpa merasakan gejala gangguan kesehatan, seseorang bisa dinyatakan positif corona. Seperti dua warga Kota Padang yang baru saja dinyatakan positif terinfeksi corona. Padahal, sebelumnya mereka tidak merasakan adanya gejala gangguan kesehatan, namun setelah melakukan uji kesehatan secara mandiri, mereka pun dinyatakan positif.

Dua warga Kota Padang, yang dinyatakan terinfeksi virus corona tersebut satu pria dengan usia 38 tahun, dan satu orang lagi perempuan usia 22 tahun. Dan saat ini keduanya sedang menjalani isolasi mandiri.

Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar, Jasman Rizal mengatakan, kasus positif corona (Covid-19) di Sumbar terus bertambah. Hingga Selasa, (7/4), pukul 14.45 WIB, tiga orang lagi dinyatakan positif corona dengan rincian dua warga Kota Padang dan satu orang di Bukittinggi. Saat ini, total kasus positif corona di Sumbar sudah mencapai angka 21 orang.

Katanya, dua orang yang baru dinyatakan positif Covid-19, terdiri dari dua dari Kota Padang. Satu orang, pria usia 38 tahun dan satu orang lagi perempuan usia 22 tahun.

Ditambahkan Jasman, mereka ketahuan positif Covid-19 setelah dilakukan test swab secara mandiri. Mereka tidak menunjukkan gejala klinis sama sekali. Mereka diketahui positif Covid-19 setelah hasil swab tenggorokan keluar.

“Kondisi mereka berdua tidak menunjukkan gejala sama sekali, tetapi hasil pemeriksaan swab, dinyatakan positif corona. Meskipun demikian, mereka tidak dirawat di rumah sakit, melainkan melakukan isolasi mandiri.,” ujarnya.

Jasman mengungkapkan, orang ketiga yang positif corona merupakan perempuan berumur 26 tahun dirawat di RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi. Perempuan ini merupakan istri dari pasien pertama positif di RSUD tersebut yang terpapar saat di Malaysia.

“Keadaan pasien pertama (suami yang bersangkutan) telah mulai membaik dan berdasarkan hasil swab pertama dinyatakan negatif. Namun untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan swab sekali lagi. Jika negatif, maka yang bersangkutan bisa keluar rumah sakit dan atau sesuai anjuran dokter,” kata Jasman.

Secara keseluruhan, Jasman merinci, total orang dalam pantauan (ODP) mencapai 3.873 orang. Dari jumlah tersebut, dalam pemantauan sebanyak 1.686 orang. Sedangkan yang selesai pemantauan sebanyak 2.187 orang

Sementara, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 91 orang. Masih dirawat sebanyak 21 orang dan dinyatakan negative sebanyak 63 orang. Jumlah orang yang melakukan isolasi mandiri di rumahnya sebanyak 7 orang. Terkonfirmasi positif virus corona sebanyak 21 orang.

Di RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi, yang positif virus corona sebanyak tujuh orang, dengan rincian, yang dinyatakan sembuh satu orang, isolasi mandiri sebanyak dua orang dan dalam perawatan sebanyak empat orang.

Sedangkan di RSUP M Djamil Padang, jumlah pasien yang positif sebanyak empat orang yang masih dalam perawatan. Di RS Semen Padang Hospital, satu orang positif corona masih dirawat di rumah sakit tersebut, dan satunya lagi sudah meninggal dunia.

Di RSUD Pariaman, juga terkonfirmasi satu orang positif virus corona yang sedang menjalani isolasi mandiri.

“Jadi yang positif dan menjalani isolasi mandiri di rumah yang bukan pasien rumah sakit sebanyak tujuh orang. Jadi total orang yang positif dan menjalani isolasi mandiri adalah sebanyak 10 orang,” ungkapnya.

“Melihat perkembangan pasien di RSUP M Djamil dan RSUD Achmad Mochtar dari hari ke hari, kondisi pasien dikabarkan membaik. Untuk itu kita ucapkan terima kasih kepada tim kesehatan yang tidak kenal lelah berjuang demi kesembuhan saudara kita yang terpapar Covid-19,” ujar Jasman. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional