Close

Dua Tahun Program Smart City Dukcapil Padangpariaman, Kemenkominfo Lakukan Evaluasi

TERANGKAN—Bupati Tanahdatar Eka Putra menerangkan cara pelayanan pada masyarakat saat acara kemarin.

PADANGPARIAMAN, METRO–Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil Padangpariaman Mu­hammad Fadhly menyatakan dua tahun melaksanakan program smart city, Kementerian Kominfo melakukan eva­luasi terhadap pelaksanaan program smart city di Kabupaten Padang Pa­riaman dari berbagai dimensi.

“Salah satunya Dinas Dukcapil Padangpariaman yang menjadi salah satu organisasi perangkat daerah yang melaksanakan program smart city juga menjadi objek evaluasi dibidang smart government,” kata Muhammad Fadhly, kemarin.

Katanya, evaluasi smart city di Dinas Dukcapil Padangpariaman men­ja­dikan inovasi Nagita (Nagari Go Digital) sebagai Quick Win yang dievaluasi.

Dikatakan, Nagita yang telah dilak­sanakan sejak Oktober 2019 meru­pakan layanan online berbasis androids dan berbasis desktop untuk pengurusan dokumen kependudukan cukup dari gadget atau dari kantor walinagari.

Lebih jauh dikatakan, Dinas Duk­capil Padangpariaman menyediakan 2 (dua) versi layanan untuk menyasar kondisi masyarakat yang berbeda.

Bagi masyarakat yang memiliki gadget, dapat menggunakan aplikasi ber­basis androids. Sedangkan bagi masya­rakat yang tidak memiliki gadget, dapat melakukan pelayanan mela­lui front office kantor walinagari se­tempat dengan menggunakan aplikasi berbasis desktop.

Pada kesempatan tersebut, evaluator dari Kementerian Kominfo Bapak Hari Kusdaryanto mewawancarai 5 (lima) responden yang terdiri dari 1 (satu) orang PIC (person in charge), 2 orang pengguna layanan dan 2 orang pengelola layanan di nagari.

Proses wawancara yang ber­lang­sung selama lebih kurang 3 (tiga) jam ini menggali tentang manfaat inovasi nagita, proses pembangunannya, keter­libatan beragai pihak dan ke­berlanjutan program. Semua res­ponden menya­takan sangat puas terhadap perkem­bangan layanan Nagita.

Dalam presentasinya, Kepala Dinas Dukcapil menyampaikan bahwa laya­nan Nagari Go Digital melalui aplikasi Dukcapil Ceria Mobile telah melayani permohonan sampai 119.000 per­mo­honan dan total user akun online se­banyak 61.000 lebih dan total peng­guna yang medownload aplikasi ber­basis android sebanyak 10.000 lebih. Dari angka-angka pencapaian tersebut, tim evaluator menilai bahwa layanan Nagita berjalan secara berkesinam­bu­ngan. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top