Menu

Dua Sahabat Kerja Sama Jual Sabu di Sawahlunto

  Dibaca : 155 kali
Dua Sahabat Kerja Sama Jual Sabu di Sawahlunto
PENGEDAR— Pelaku DE dan BA yang merupakan sahabat karib sejak kecil, terlibat dalam peredaran sabu hingga ditangkap Tim Satresnarkoba Polres Sawahlunto.

SAWAHLUNTO, METRO–Satresnarkoba Polres Sawahlunto sukses meringkus dua  pria bersahabat yang menjalankan bisnis penjualan sabu. Kedua pengedar yang sudah lama menjadi incaran Polisi itu ditangkap di dua lokasi berbeda pada Sabtu (4/9).

Penangkapan pertama dilakukan terhadap pelaku DE (38) setelah petugas melakukan penyamaran sebagai pembeli dan bertransaksi di belakang ma­kam Syekh Kolok, Dusun Talago, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto

Saat pelaku menyerahkan sabu ukuran satu paket sedang, petugas langsung menangkap pelaku yang merupakan warga Jorong Baduih, Kecamatan Rambatan Tanah Datar ini. Selain itu, petugas juga menemukan satu paket kecil sabu di saku baju yang dipakainya.

Setelah mendapatkan barang bukti tersebut, pe­tugas selanjutnya menginterogasi pelaku. Kepada petugas, pelaku pun mengakui mendapatkan sabu tersebut dari sahabatnya berinisial BA (38).  Saat itu juga, petugas bergerak ke Kecamatan Rambatan Ta­nah Datar dan berhasil me­nangkap pelaku BA.

Kasat Narkoba Polres Sawahlunto AKP Syamsurijal mengatakan, penang­kapan itu berawal pihaknya mendapatkan informasi dari warga Desa Talawi Hilia kalau di belakang makam Syekh Kolok sering terjadi transaksi narkoba.

“Dari informasi itu, tim selanjutnya melakukan pe­nyelidikan dan didapatlah informasi kalau orang yang bertransaksi di sana ada­lah pelaku DE. Kita berupaya menjalin komunikasi dengan pelaku dan berpura-pura sebagai pem­­beli,” ungkap AKP Syam­­surijal, Senin (6/9).

Ditambahkannya, pelaku selanjutnya diajak untuk bertransaksi di belakang makam tersebut. Tergiur dengan tawaran yang diberikan, pelaku pun sepakat bertransaksi dan selanjutnya tim bergerak ke lokasi transaksi. Saat pelaku DE menyerahkan sabu, petugas langsung meringkusnya tanpa pelawanan.

“Setelah DE diringkus, kita menanyakan apakah masih ada paket lain atau tidak. Pelaku selanjutnya mengeluarkan satu paket kecil dari saku bajunya. DE pun langsung kita bawa ke Maporles,” kata AKP Syamsurijal.

AKP Syamsurijal menjelaskan, dari keterangan DE, dilakukanlah pengembangan, karena pelaku DE mengakui bahwa barang tersebut didapat dari seorang temannya yang pe­nge­dar juga yaitu BA. Men­dapatkan informasi dari DE, tim langsung menang­kap pelaku BA di kediamannya hari itu juga.

“Dari penangkapan BA, kita memperoleh barang bukti satu paket kecil nar­kotika jenis sabu, satu unit timbangan, empat pak plastik klip bening. Saat ini dua bersahabat tersebut sudah ditahan di Polres untuk menjalani proses huku,” punkasnya. (pin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional