Close

Dua Pemuda Pelopor Asal Kota Payakumbuh, Melaju ke Tingkat Nasional

Dua orang pemuda pelopor Kota Payakumbuh

SUKARNOHATTA, METRO–Prestasi membanggkan ditorehkan oleh 2 Pemuda Pelopor dari Kota Payakumbuh yang sukses menjuarai ajang Penilaian Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Sumatera Barat berdasarkan surat yang dikeluarkan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat, Senin (13/6). Ada Fadhilul Qosasi yang berhasil me­raih juara 1 bidang sumber daya alam, lingku­ngan, dan pariwisata, me­ngungguli pemuda pelo­por dari Kota Padang dan Kabupaten Sijunjung. Serta M. Ikhsan yang berhasil meraih juara 1 bidang inovasi dan teknologi me­ngungguli pemuda pelo­por dan Kabupaten Lima­puluh Kota dan Kabupa­ten Sijunjung.

Menurut keterangan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh Desmon Corina didampingi Sekretaris Delni Putra, kepada media, Senin (13/6) mengatakan, dari 4 kategori pemuda pelopor yang mewakili Kota Payakumbuh ke tingkat provinsi, 2 orang berhasil juara 1 dan berhak mewakili Provinsi Sumatera Barat untuk melaju ke tingkat nasio­nal.

“Ananda Fadil pemuda yang peduli kepada ling­kungannya. Menjadi inovator di bidang lingkungan dengan memberantas sam­pah dan mengolahnya menjadi pupuk walau de­ngan rintangan dan hambatan yang dihadapi. Sementara itu ananda Ihsan adalah inovator bidang teknolog. Menyehatkan masyarakat Payakumbuh dan sekitarnya dengan mengaplikasikan teknologi untuk memudahkan masyarakat dalam berolahraga. Saat ini kita menyiapkan kebutuhan ke­dua pemuda pelopor untuk menyongsong ajang di tingkat nasional,” kata Desmon.

Terpisah, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi menyampaikan ucapan selamat kepada 2 orang putra terbaik Payakumbuh yang telah sukses dengan prestasinya menjadi juara 1 dalam Pemilihan Pemuda Pelopor Ting­kat Provinsi Sumatera Barat.

“Insyaallah Ananda Fa­dil dan Ananda Ihsan akan mewakili provinsi Sumbar dalam pemilihan pemuda pelopor tingkat Nasional. Fadil dan Ihsan adalah pemuda yang aktif, kreatif, dan inovatif. Kedua pemuda Payakumbuh ini telah berhasil mem­berdayakan masyarakat, menciptakan lapangan pekerjaan se­hingga pere­konomian ma­syarakat pun menjadi meningkat,” kata Riza.

“Mari sama-sama kita doa­kan semoga ananda Fa­dil dan ananda Ihsan sukses dalam pemilihan pemuda pelopor di tingkat nasio­nal nantinya sehingga da­pat mengharumkan nama Sumatera Barat dan Payakumbuh pastinya. Selamat selamat berjuang dan semoga sukses,” pung­kasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olah­raga Provinsi Sumatera Barat Dedy Diantolani selaku penanggung jawab dan tim penilai menerangkan pada hari ini Rabu (8/6) lalu, di Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Pro­vinsi Sumatera Barat diadakan penilaian dan pe­netapan permenang pemilihan Pemuda Pelopor Ting­­kat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022, yang terdiri atas 5 (lima) bidang kepeloporan pemuda, yai­tu Bidang Pendidikan, Bi­dang Agama, Sosial dan Budaya, Bidang Pengelalaan Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata, Bidang Pangan, dan Bidang Inovasi Tekhnologi.

“Ajang ini dikuti oleh 34 orang peserta terdiri dari 12 Kabupaten/Kota. Penilaian dilakukan oleh 8 orang juri yang terdiri dari Dedy Diantolani, Gusty Anola, Hotna Hirawati, Anita, Asril, Rahmawati Koto, Aulia Ramadhani, dan Rindiati Adistina,” tulis Dedy dalam berita acara Dispora Sumbar. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top