Menu

Dua Pelaku IKM Raih Sertifikat Halal 

  Dibaca : 176 kali
Dua Pelaku IKM Raih Sertifikat Halal 
SERAHKAN—Petugas dari Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian Kabupaten Padangpariaman serahkan sertifikat halal.

PDG.PARIAMAN, METRO
Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian Kabupaten Padangpariaman Rudy Rilis Repenaldi menyatakan, sebanyak 2 pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) dalam daerahnya menerima sertifikat halal.

“Sertifikat tersebut kita yang memberikan melalui bidang bina industri,” kata Rudy Rilis, kemarin.

Katanya, program ini merupakan amanat dari Undang-undang No. 33 tahun 2014 tentang jaminan produk halal yang mewajibkan seluruh produk yang beredar, diperdagangkan di Indonesia wajib bersertifikat halal telah berlaku terhitung 17 Oktober 2019.

Dengan adanya kewajiban sertifikasi halal tersebut, pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) pun harus mensertifikasi halal produknya. Untuk itu 2 (Dua) IKM yang mendapatkan sertifikat halal yaitu Arfam’s Durian di Kecamatan 2×11 Kayu Tanam dan IKM Rita Tondon di Kecamatan Batang Gasan.

Ia sangat mengapresiasi pemberian sertifikat halal ke para pelaku IKM dan mengharapkan kedepannya semua IKM yang ada di Padangpariaman memiliki sertifikat halal.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Bidang Industri yang telah berusaha memfasilitasi penerbitan sertifikat halal ini dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumbar, semoga sinergisitas ini terus berlanjut dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Menurut Rudy, melalui fasilitas pemberian sertifikat halal tersebut, diharapkan memberikan manfaat dan bisa memotivasi pelaku IKM untuk terus meningkatkan standardisasi produk, sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Padang Pariaman.

Kegiatan fasilitasi halal ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian Kabupaten Padangpariaman.

Pada tahun 2019 Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian Kabupaten Padangpariaman melalui Bidang Bina Industri memberikan fasilitasi sertifikat halal untuk 15 IKM yang ada di Kabupaten Padangpariaman.

Dan tahun 2020 direncanakan kembali untuk memfasilitasi sertifikat halal untuk 15 IKM. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan IKM dapat lebih berkembang sehingga IKM yang mandiri di Kabupaten Padangpariaman dapat terwujud.(efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Iklan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional