Close

Dua Karateka Sumbar Raih Perak PON Papua, Ketua FORKI Andre Rosiade: Alhamdulillah

UCAPKAN SELAMAT— Ketua FORKI Sumbar Andre Rosiade memberikan semangat dan selamat dengan melakukan video call langsung dengan peraih perak Fadila Rahmi.

ADINEGORO, METRO–Dua karateka Sumbar  mampu menyumbang medali perak pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Fadila Putri turun di kelas Kumite +68 Kg putri dan Milioner di kelas Kumite 60 Kg putra. Keduanya kalah di partai final yang digelar Selasa dan Rabu (12-13/10) di GOR Politeknik Pener­ba­ngan Kayu Batu, Jaya­pura.

Perak pertama didapat setelah Fadila kalah di partai final dari karateka tuan rumah Juvita Cerlin Mou pada pertandingan yang dipentaskan, Selasa (12/10). Sementara Milio­ner harus mengakui ke­ung­gulan Karateka Bali, Khrisna dengan skor 4-1. Milioner yang berbekal perak Kejurnas sejak awal penyihan mendominasi harus mengakui lawannya di babak final.

Pelatih Karate Sumbar Zelly Herianto mengata­kan, capaian yang diraih Fadila dan Milioner su­dah sangat bagus. Me­ngingat mampu melesat hingga ke babak final. “Kita bersyu­kur mampu mem­persem­bahkan  medali perak dari Karateka Fadila Rahmi dan Milioner. Kita kalah di final dari wakil tuan rumah dan Bali,” ungkap Zelly, Rabu (13/10).

Fadila Rahmi berterima kasih atas dukungan se­mua pihak yang membuat­nya sampai mendapatkan perak PON 2021 di Papua. “Alhamdulillah, terima ka­sih semua yang telah mem­bantu dan membe­rikan du­kungan semua pihak,” ka­tanya yang sem­pat melaku­kan sambu­ngan video call dengan Ketua FORKI Sum­bar Andre Rosiade usai menerima medali perak.

­Meski hanya mengon­dol medali perak, Milioner yang merupakan karateka potensial itu bersyukur bisa menambah pundi-pun­di medali untuk kon­ti­ngen Sumatera Barat. “Sa­ya bersyukur bisa mem­persembahkan medali pe­rak untuk Sumbar. Baru ini rezeki saya pada PON kali ini,” ujarnya.

Ketua Federasi Karate-Do Olahraga Indonesia (FORKI) Sumbar H Andre Rosiade bersyukur atas raihan Fadila Rahmi di nomor yang sebenarnya tidak menjadi unggulan karateka Sumbar. Juga Milioner yang sejak awal memang sudah diprediksi minimal mendapatkan pe­rak atau emas.

“Alhamdulillah. Ini me­dali perdana Sumbar di cabang karate PON 2021. Juga diikuti perak beri­kutnya di hari Rabu. Hal ini tentu lebih baik dari PON di Jabar lalu dimana kita tidak mendapat medali. Semoga di laga berikut ada tambahan medali lagi,” kata anggota DPR RI ini.

Andre Rosiade bahkan memberikan semangat dengan melakukan video call langsung dengan Fadi­la. “Untuk Dila dan Milioner semangat ya. Terima kasih atas perjuangannya, pacah talua (perdana) Sumbar dapat medali,” kata ketua DPD Gerindra Sumbar ini.

Tokoh olahraga Sum­bar Sam Salam mengaku salut, karena Andre Rosia­de me­rupakan pengiat ca­bor (ca­bang olahraga) yang baru saja menjabat mampu me­nyumbangkan medali buat sumbar dalam saat cabor lain down dalam ber­pres­tasi. “Luar biasa Andre Rosiade,” katanya. (r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top