Menu

Dua Kali Dilanda Galodo, MTsN 13 Agam Mulai Berbenah

  Dibaca : 129 kali
Dua Kali Dilanda Galodo, MTsN 13 Agam Mulai Berbenah
Sejumlah guru MTsN 13 Agam pada saat membersihkan ruangan dan halaman sekolah dari lumpur pasca galodo yang terjadi beberapa waktu lalu.

PADANG, METRO
Bencana yang melanda MTsN 13 Agam, 12 Maret lalu melumpuhkan kegiatan belajar mengajar, karena rusaknya dua bangunan lokal serta lumpur menggenangi semua ruangan termasuk ruangan kantor.

Semua fasilitas kantor dan perangkat pembelajaran guru juga digenangi lumpur. Rusaknya Labor komputer menambah pilunya dampak galodo yang melanda. Dalam waktu singkat team  penanggulangan bencana Agam berdasarkan  instruksi bupati  selama tiga hari semua kondisi lokal bersih dari lumpur hingga kehalaman sekolah.

Namun seminggu setelah galodo pertama, Kamis (19/3) dihari bencana galodo kembali datang dengan komposisi air lebih besar dari semula. Hal ini menambah trauma masyarakat sekitar terutama guru dan pegawai.

“Di tengah kesibukan menerima tamu yang datang untuk berkunjung tiba tiba datang banjir susulan. Hal ini tidak berdampak separah banjir pertama. Hanya saja bagian mushala semulanya belum runtuh, di banjir kedua ini mihrab mushala diseret arus,” ungkap Kepala MTsN 13, Ilham Nizomi.

Kepala Kantor Kemenag Agam, Edy oktaviandy yang selalu mendampingi selalu memberikan motivasi dan dorongan agar selalu tetap semangat. spirit yang diberikan dapat diwujudkan dengan terselenggara nya UAMBN-BK. Hal ini tentu atas bantuan pengadaan komputer baru dari bupati Agam Indra catri.

Bupati begitu peduli akan bencana yang melanda, dua jam setelah kejadian banjir Indra Catri sudah datang ke lokasi dan memberikan instruksi untuk pemulihan diantaranya membangun kembali ruangan yang jebol serta memperbaiki ruang Labor komputer yang rusak.

Atas bantuan Bupati target UAMBN-BK terlaksana. Hal ini juga semangat yang timbul dari Kepala Madrasah, Ilham Nizomi. Kepala bersama civitas akademika tak pernah lelah menghadapi cobaan ini. Akhirnya kesuksesan melaksanakan ujian akhir madrasah berstandar nasional basis Komputer ini membangkitkan semangat para pegawai dan guru untuk dapat kembali beraktifitas seperti semula.

Seminggu sudah MTsN 13 berduka, tentunya pihak sekolah tidak mau ini semakin larut. Maka di susunlah langkah strategis pemulihan pasca banjir. “Untuk pemulihan pasca gempa berdasarkan daftar kerusakan barang segera dibuatkan strategi pemulihan” ujar Ilham Mizoni kepada Kaur TU dan pegawai.

Ini strategi pemulihan yang disusun Kepala MTsN 13, ada  delapan pilar pemulihan. Pertama,  pemulihan sarana perkantoran 4 unit laptop dan tiga printer, serta pengadaan ATK kantor. Kedua, pemulihan sarana ruang belajar perbaikan lokal yang jebol, pengadaan 200 set mobiler siswa dan 20 set mobiler guru.10 buah papan tulis.

Ketiga, pemulihan kantor guru, satu unit komputer beserta printer, ATK guru dan perangkat belajar, sound system, bel elekronik serta pengeras suara. Keempat, pemulihan sarana ibadah, karpet sajadah dan perbaikan mihrab yang jebolserta tempat berwuduk.

Kelima, pemulihan rumah jaga sekolah beserta kantin. Keenam, pembenahan lapangan yang dipenuhi lumpur. Diantaranya perbaikan drainase, lapangan dan pemasangan paving blok. Tujuh, normalisasi sungai dan delapan Relokasi MTsN ketempat yang lebih aman dari ancaman bencana. (hsb/rel)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Iklan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional