Close

Dua Bulan ke Depan Partai UKM Hadir di Sumbar

RAPATKAN—Para inisiator partai UKM Sumbar tengah merapatkan barisan untuk pengukuhan Partai UKM dua bulan ke depan.

PADANG, METRO
Dalam dua bulan ke depan DPW Partai UKM Sumbar telah dikukuhkan. Kemudian disusul dengan 19 DPD Partai UKM kabupaten dan kota di Sumbar.

“Selain itu juga akan dibekup sebanyak 17 sayap dan Ormas Forum Komunikasi UKM,” ujar Inisiator Partai UKM Sumbar Darios Darman di Padang, Rabu (7/4).

Dikatakan Darios, partai ini mengusung visi akan mengangkat derajat sosial dengan meningkatkan status ekonomi para pelaku UKM. Apalagi, secara budaya Sumbar yang notabenenya suku Minang memiliki budaya dan tradisi yang sudah mendarah daging sebagai pedagang. “Karena di Sumbar saat diperkirakan memiliki 590 ribu pelaku UMKM,” ujar Darios.

Ditambahkan Darios, partai UKM ini didirikan 21 Januari 2021 lalu di Jakarta, dengan inisiatornya Syafruddin. “Dalam kesempatan pendirian Partai UKM di Jakarta itu saya hadir, maka dalam kesempatan itu saya diminta menjadi inisiator membentuk perangkat Partai UKM di Sumbar. Karena selama ini UKM belum terangkul dan menampung aspirasi mereka di secara politis,” ujar Darios.

Dan partai ini memiliki segmen pelaku UKM, jadi kelompok inilah yang akan menjadi sasaran dan kader partai nantinya. Garis partai ini memberdayakan kelompok UKM, data di Indonesia terdapat 63 juta pelaku UKM aktif.

Selain itu hingga kini belum ada partai lain yang merangkul pelaku UKM, dengan maksimal, kalau pemerintah tentu memiliki keterbatasan. Maka di sisi celah-celah itu partai ini akan memberdayakan secara teknis manajamen, permodalan simpan pinjam dan merangkul mereka di sisi yang disentuh pemerintah.

Dikatakan, pada 20 April nanti sudah didapatkan cetak biru (grand disain) dari program partai ini nantinya. Untuk DPW Sumbar akan mengusung beberapa inisiator dibakukan jadi pengurua yakni Darios Darman (ketua) Hendri Edison (Sekretaris) dan Eni Farida (Bendahara). Kemudian didukung beberapa inisiator lainnya Eri RIVAI dan Edi Sastra. (boy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top