Menu

Dua Bocah Ditimpa Pohon

  Dibaca : 147 kali
Dua Bocah Ditimpa Pohon
DITIMPA POHON— Dua bocah laki-laki mengalami luka akibat terkena pohon tumbang di RT 02 RW 11 Koto Kaciak, Kelurahan Mata Air, Kecamatan Padang Selatan, Minggu, (10/2).

PADANG, METRO – Saat sedang bermain, dua bocah laki-laki mengalami luka ringan akibat terkena pohon tumbang di RT 02 RW 11 Koto Kaciak, Kelurahan Mata Air, Kecamatan Padang Selatan, Minggu, (10/2) sekira pukul 07.00 WIB. Keduanya pun harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis.

Data dari BPBD Kota Padang, kedua bocah yang menjadi korban pohon tumbang itu diketahui bernama Regi (5) dan Farid Aska Wardana (3). Selain menimpa kedua bocah yang sedang bermain, pohon tumbang itu juga menimpa rumah warga sehingga mengalami kerusakan.

Kepala BPBD Kota Padang, Edi Hasymi mengatakan, tumbangnya pohon tersebut disebabkan umur pohon yang sudah tua sehingga terjadi pelapukan, dan ketika ada angin kencang, pohon langsung tumbang. Apalagi, pada malam hari hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Padang.

”Pohon tumbang ini mengakibatkan dua orang anak-anak mengalami luka ringan dan juga merusak satu unit rumah. Informasinya, korban bernama Regi mengalami luka ringan, dan Farid juga luka ringan dengan robek di bagian bibir. Mereka berdua ini sedang bermain di dekat pohon itu,” kata Edi Hasymi.

Edi menjelaskan, usai mendapatkan laporan pohon tumbang itu, pihaknya langsung mendatangi lokasi untuk melakukan pembersihan karena juga menganggu akses jalan. Dalam kejadian ini, tidak ada korban jiwa meninggal, tetapi mengakibatkan kerugian materil.

”Jenis pohonnya kedondong, panjang sekira 15 meter, diameter 90 sentimeter. Tindaklanjutya kita melakukan pembersihan dan pemotongan pohon menggunakan mesin pemotong pohon. Atas kejadian ini, kita mengimbau masyarakat untuk waspada,” ungkap Edi.

Komandan Regu A (Danru) BPBD Kota Padang, Joni Amir mengatakan, pohon tumbang yang terjadi sekira pukul 07.00 WIB, sempat menghambat akses jalan warga. Tim Reaksi Cepat BPBD Kota Padang langsung mengevakuasi pohon itu bersama masyarakat sekitar, dan Koramil.

”Dari hasil analisa kita, pohon itu tumbang karena mengalami kelapukan. Tadi ada dua anak yang luka ringan karena lada saat pohon tumbang sedang bermain di dekat pohon. Rumah warga juga tetimpa dan rusak ringan,” ungkap Joni Amir.

Sementara itu, Suluhni Harefa Kepala Seksi Trantib Kelurahan Mata Air, Padang Selatan menambahkan usia pohon kedondong itu 30 tahun. Memang sudah seharusnya pohon itu ditebang, karena sudah sangat rawan apalagi berada di dekat permukiman warga.

”Ke depan kita akan berkoordinasi dengan Dinas terkait untuk mendata dimana saja pohon yang sudah lapuk untuk ditebang, sebagai bentuk antisipasi. Kerusakan rumah warga, dan diperkirakan kerugian material sekitar Rp1,5 juta,” pungkasnya. (rgr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional