Menu

Drainase Rusak, Kamang Langganan Banjir

  Dibaca : 58 kali
Drainase Rusak, Kamang Langganan Banjir
Kondisi banjir di ruas jalan Nasional bundaran UHAPainan, Kecamatan IV Jurai beberapa waktu lalu.

PESSEL, METRO
Intesitas curah hujan cukup tinggi beberapa minggu ini di sejumlah wilayah di Kabupaten Pesisir Selatan seolah menjadi momok ditakuti sebagian warga di Rawang Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan. Karena kondisi saluran drainase tidak berjalan optimal.

Berdasarkan pantuan Posmetro di lapangan saat hujan lebat turun sebagian wilayah menjadi langganan banjir. Seperti Rawang Painan, Kamang Painan, Belakang Rumah Sakit Rs. M.Zein Painan. Begitu juga di ruas jalan Nasional Bundaran UHA.

Ditambah dengan kondisi geografis wilayah di Pesisir Selatan yang rawan banjir, tanah longsor, dan pergerseran tanah, membuat Kabupaten Pessel disebut mini marketnya bencana.

Wawan, warga Rawang Painan, Kecamatan IV Jurai menuturkan, setiap intesitas hujan lebat, rasa awas akan banjir selalu datang. Sebab tempat tinggal selalu tergenang bila hujan lebat turun.

Selain faktor curah hujan cukup tinggi, faktor lain yang menyebabkan genangan air adalah saluran pembuangan air ( drainase) ada tidak lancar. Akibatnya tidak sanggup menahan curah hujan, serta endapan lumpur membuat air hujan meluber ke jalan.

“Kita berharap ada solusi cepat diberikan pemerintah daerah, melalui dinas terkait agar saat hujan turun, banjir tidak menjadi momok,” keluh Wawan.

Hal yang sama juga dikeluhkan Erni, seorang ibu rumah tangga yang juga tinggal di jalan kamang, Painan. Setiap hujan lebat, jalan depan rumahnya selalu penuh dengan air. Belum lagi sampah – sampah terbawa air dari dalam saluran drainase.

“Ya takut aja pak, bukan air saja masuk dalam rumah ditakuti, bagaimana kalau ular dan lipan masuk dalam rumah,” kata Erni Rabu (13/1). (cr1)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional