Menu

Drainase Los Ayam Mampet, Air Tergenang

  Dibaca : 73 kali
Drainase Los Ayam Mampet, Air Tergenang
MAMPET— Saluran air di los ayam Pasar Raya Padang tidak lancar. Akibatnya, terjadi genangan yang menyusahkan pedagang dan pengunjung. (sriagustini/posmetro)

PASAR RAYA, METRO – Sejumlah pedagang ayam di los ayam Pasar Raya Padang mengeluhkan kondisi drainase pasar yang sudah lama tak dibersihkan. Akibatnya, air menjadi mampet dan tergenang.

Pantauan koran ini kemarin di lantai 2 blok I Pasar Rraya Padang, air bercampur darah dan kotoran ayam tergenang di lantai. Pedagang sudah berupaya mengalirkan ke saluran pembuangan.Namun saluran pembuangan itu mampet. Sehingga air tak cepat mengalir.

Salah seorang pedagang Edi Prima mengatakan, pihaknya susah berupaya menyampaikan hal ke petugas kebersihan pasar. Namun tak pernah di gubris.

“Sebenarnya sudah lama kami laporkan ke petugad dinas kebersihan pasar, tapi laporan kami tak ditanggapi,” sebut Edi.

Selama ini, untuk menunjang aktifitas penyembelihan air di los ayam itu, pedagang membutuhkan air. Namun air menjadi tergenang karena saluran yang ada tersumbat.

Pedagang lainnya Indra berharap dinas perdagangan benar benar serius mengelola kebersihan lingkungan pasar. Agar pengunjug pasar merasa nyaman. “Kalau di kawasan Pasarraya Padang ini pengelaan kebersihan ini agak kurang dan tak jelas,” tandas Indra.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal mengatakan pihaknya hampir tiap bulan membersihkan saluran. Namun karena banyak bulu bulu dan tulang tulang ayam, akibatnta saluran menjadi mampet.

”Kita berharap pada pedagang, jangan buang bulu bulu dan tulangnya ke saluran. Itu menyebabkan mampet,” sebut Endrizal.

Menurutnya, sesuai standar SNI, perdagangan ayam hanya dagingnya saja yang dibawa ke pasar. Sementara penyembelihannya pada tempat khusus di luar. Tapi karena tradisi pedagang di Sumbar ini, ayamnya disembelih pada saat membeli, maka hal itu masih dimungkinkan di blok I lantai 2. Tapi asalkan pedagang sama sama menjaga kebersihan.

”Kalau air saja, mudah dialirkan, tak akan mampet saluran itu. Tapi karena disertai dengan bulu bulu dan tulang tulang ayam, makanya jadi mampet,” sebut Endrizal lagi. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional