Close

dr Elvera Susanti, SpP (Spesialis Paru RSUD Lubuk Basung), Warga Agam Diminta Waspada dan Kenali Gejala Long Covid-19

dr Elvera Susanti, SpP Spesialis Paru RSUD Lubuk Basung

AGAM, METRO–Kendati pemerintah telah mencabut Pemberla­kuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), warga diingatkan untuk tetap mewaspadai gejala panjang pasca Covid-19 atau Long Covid-19.

Spesialis Paru RSUD Lubuk Basung, dr Elvera Susanti, SpP mengatakan Long Covid-19 adalah kondisi yang menyebabkan penyintas Covid-19 mengalami gejala jangka panjang bahkan setelah dinyatakan sembuh.

Seseorang dianggap menderita long covid jika gejala yang dialaminya masih ada lebih dari empat minggu setelah infeksi awal atau gejala awal. Long covid bisa berlanjut hingga tiga bulan setelah infeksi awal.

“Long Covid-19 efek infeksi SARS-CoV-2 yang masih berlanjut pasca sembuh. Gejala ini dapat berlangsung selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan,” ujarnya, Kamis (19/1)

Gejala paling umum Long Covid-19 sebut dr Elvera, penderita akan mengalami batuk, sesak napas, kelelahan, dan gangguan tidur atau insomnia.

“Sementara itu, gejala lainnya termasuk kecemasan, depresi, nyeri tubuh, sakit kepala, jantung berdebar-debar,” sebut Ketua IDI Agam itu.

Lebih lanjut dikatakan, setiap orang yang pernah terinfeksi Covid-19 berpotensi mengalami kondisi ini.

dr Elvera mengungkapkan, saat ini sudah banyak masyarakat yang mengeluhkan gejala-gejala Long Covid-19 ke RSUD Lubuk Basung.

“Gejala ini juga perlu diwaspada bagi penyintas Covid-19 yang memiliki penyakit bawaan atau kormobid,” ucapnya.

Upaya pencegahan katanya lagi, setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19, penting untuk tetap mela­kukan konsultasi rutin dengan dokter, termasuk mengonsumsi obat dan vitamin yang disarankan oleh dokter.

“Usahakan tetap disiplin menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, mulai dari mengonsumsi makanan dan minuman bergizi, istirahat yang cukup, serta olahraga rutin dan teratur. Tetap memakai masker apabila mempunyai gejala batuk dan bersin, supaya yang lain tidak tertular,” ujarnya. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top