Menu

DPRD Usulkan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati

  Dibaca : 524 kali
DPRD Usulkan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati
Wakil Bupati H. Amrizal Dt Rajo Medan didampingi Ketua DPRD Dharmasraya, Paryanto dan Forkopimda foto bersama usai Rapat Paripurna di Sekretariat DPRD Dharmasraya. 

DHARMASRAYA, METRO
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dharmasraya, mengusulkan pemberhentian Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Wakil Bupati Amrizal Dt Rajo Medan masa bakti 2016-2021, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Utama DPRD Kabupaten Dharmasraya pada Senin (18/1).

Melalui sidang paripurna yang diselenggarakan lembaga legislatif tersebut dengan disampaikan usulan terkait agenda Pengumuman Usulan Pemberhentian Bupati dam Wakil Bupati Dharmasraya Masa Jabatan 2016 – 2021, di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD Dharmasraya.

Ketua DPRD setempat, Paryanto SH mengatakan usulan tersebut merupakan tindak lanjut surat dari Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, dengan nomor 120/19/Pem-2021 tanggal 14 Januari 2021 perihal Usulan Pemberhentian dan Pengangkatan Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota, sekaitan dengan akan berakhirnya masa jabatan mereka pada 17 Februari 2021.

“Hal itu didasarkan pada Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 131.13-469 tentang pengangkatan Bupati Dharmasraya dan Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 132.13-470 tentang Pengangkatan Wakil Bupati Dharmasraya dengan masa jabatan lima tahun terhitung sejak dilantik, “ ungkapnya.

Maka, lanjutnya, sesuai dengan ketentuan pasal 78 ayat (2) huruf a Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, menjelaskan bahwa kepala daerah dan wakil kepala daerah dapat diberhentikan karena berakhir masa jabatannya.

Ia menambahkan, dengan telah diumumkannya usulan pemberhentian tersebut melalui sidang paripurna DPRD setempat, maka pihaknya meminta pihak Sekretaris DPRD Kabupaten Dharmasraya untuk segera menyampaikan kepada Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia melalui Gubernur Sumatera Barat, selaku perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah.

Dalam penyampaian hasil keputusan sidang paripurna itu, lanjutnya, harus dilampirkan segala persyaratan administrasi terkait usulan pemberhentian itu beserta dokumen berita acara Usulan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Dharmasraya Masa Jabatan 2016-2021.

“Sehingga sesuai aturan juga, salah satu tugas dan kewenangan DPRD mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati kepada Menteri melalui Gubernur. Untuk itu, kami atas nama lembaga DPRD Bukittinggi mengumumkan usul pemberhentian Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi masa jabatan tahun 2016-2021,” jelas Paryanto.

Untuk itu, sambungnya kami atas nama lembaga DPRD Dharmasraya tentunya berterima kasih atas pengabdian Sutan Riska Tuanku Kerajaan sebagai Bupati dan H. Amrizal Dt Rajo Medan sebagai Wakil Bupati selama lima tahun terakhir,” ungkap Paryanto.

Sementara itu, Wakil Bupati H. Amrizal Dt Rajo Medan, pada kesempatan itu menyampaikan terimakasih atas amanah masyarakat kepada dirinya menjadi Wakil Bupati Dharmasraya Periode 2016-2021.

“Saya juga memohon maaf kepada semua pihak, jika selama menjalankan tugas dan amanah sebagai wakil bupati, ada kesalahan yang saya lakukan. Semoga kedepan Dharmasraya lebih maju,” tandas Dt. Rajo Medan. (g)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional