Close

DPRD Setujui Perubahan RPJMD Kota Padang 2019-2024

Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani salam komando dengan Wali Kota Padang Hendri Septa, usai melakukan penandatanganan persetujuan didampingi para Wakil Ketua dan Sekretaris DPRD Hendrizal Azhar.

Dewan Perwakilan Rak­yat Daerah (DPRD) Kota Padang menggelar rapat paripurna tentang penyampaian pendapat akhir Fraksi-fraksi terhada RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah daerah)  Kota Padang ta­hun 2019-2024.  Dalam pa­ripurna tersebut, DPRD Kota Padang menyetujui Rancangan Peraturan Da­erah (Ranperda) Perubahan Atas Perda No.6/2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Pa­dang tahun 2019-2024.

Rapat paripurna yang digelar,  Senin (6/12) sekitar pukul 19.30 WIB tersebut berlangsung di ruang rapat utama gedung DPRD Kota Padang di Jalan Sawahan. Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani.

Hadir Wakil Ketua I Arnedi Yarmen Wakil Ketua II Amril Amin,  Sekretaris DPRD Hendrizal Azhar dan seluruh anggota DPRD Kota Padang. Juga hadir unsur Forkopimda, sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Padang dan stakeholder lainnya.

Seluruh fraksi DPRD Kota Padang dalam penyampaian pendapat akhir frakpsi -fraksi dan menerima Ranperda perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Padang ta­hun 2019- 2024 dengan ca­tatan sebagaimana yang telah disampaikan masing – masing fraksi untuk dituangkan menjadi Perda sesuai perundang-undangan yang berlaku.

Ketua DPRD Kota Pa­dang Syafrial Kani Dt Rj Jambi SH mengatakan, Alhamdulillah melalui sidang pari­purna penyampaian pendapat akhir fraksi- fraksi hari ini, DPRD bersama Pemko Padang telah sepakati perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Pa­dang tahun 2019- 2024.

“Artinya kita hanya me­nyesuaikan dengan kondisi yang kita hadapi hari ini. Itu kan RPJMD Kota Pa­dang tahun 2019 – 2024 karena adanya kondisi -kondisi seperti masalah Covid, ini kan perlu kita sesuai kan dalam bentuk kebijakan-kebijakan sesuai kemampuan daerah yang ada pada hari ini,” kata Syafrial Kani.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Padang Hendri Septa menyambut baik sekaligus mengapresiasi, atas persetujuan DPRD Kota Padang terhadap Ran­cangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perubahan Atas Perda No.6 /2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Pa­dang tahun 2019-2024.

Hal tersebut disampaikan Wako Hendri Septa dalam sambutannya pada Rapat Paripurna DPRD Pa­dang terkait penyampaian pendapat akhir  fraksi-fraksi DPRD Kota Padang terhadap Ranperda terkait di Ruang Sidang Utama DP­RD Kota Padang, Senin malam (06/12)

Hendri menyampaikan, berbagai dinamika dalam proses pembahasan telah dilalui dengan semangat demokrasi, sinergi dan menjunjung nilai-nilai kebersamaan. Sehingga substansi dokumen RPJMD yang diajukan, telah mengalami penajaman dan pe­nyem­purnaan atas masukan dan saran yang dibe­ri­kan oleh Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Padang.

“Untuk itu, kami sangat mengapresiasi kepedulian dan dukungan yang diberikan oleh anggota dewan yang terhormat selama pembahasan. Terutama dalam rangka perumusan arah kebijakan umum, program jangka menengah daerah dan indikasi rencana program pembangunan daerah yang disertai kebutuhan pendanaan,” tambah Hendri.

Dijelaskan Hendri, ada­pun dalam perubahan RPJMD Kota Padang 2019-2024 telah mengakomodir beberapa hal. Diantaranya mulai dari penerapan standar pelayanan minimal sesuai amanah Peraturan Pemerintah No. 02 Tahun 2018 hingga program pembangunan yang mendukung terwujudnya visi misi kepala daerah dan penerapan program unggulan kepala daerah.

Kemudian itu juga target tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) dan perencanaan terintegrasi untuk mewujudkan visi misi kepala daerah, dan telah sinkronisasi terhadap Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Sumatera Barat Tahun 2021-2026.

“Dengan telah disetujuinya Ranperda hari ini, maka diinstruksikan kepada seluruh pimpinan OPD untuk melakukan beberapa hal. Pertama, melakukan penuntasan penyusunan rencana strategis perangkat daerah sesuai urusan dan kewenangan masing-masing dengan berpedoman kepada RPJMD Kota Padang tahun 2019-2024,” tutur Hendri.

Kedua katanya, meminta pihak Bappeda Kota Padang agar segera menyampaikan Ranperda Tentang Perubahan atas Peraturan Daerah (Perda) No.6 /2019 kepada Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) untuk dievaluasi selambat-lambatnya, 8 De­sember 2021 ini.

“Ketiga yakni, kami me­ngajak pimpinan dan anggota DPRD beserta seluruh komponen masyarakat Ko­ta Padang untuk bersama-sama mendukung perencanaan yang telah kita sepakati untuk dilaksanakan. Untuk itu mari kita kawal dan kita evaluasi prosesnya demi memberikan yang terbaik bagi kemajuan Kota Padang ke depan,” kata Hendri.

Selanjutnya kata wako lagi, ia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan segenap komponen ma­syarakat di Kota Padang, baik perhatian secara langsung dalam proses penyusunan dan pembahasan Ranperda RPJMD Kota Pa­dang.  “Kami juga telah berupaya menerima sumbang saran dan pemikiran secara langsung dan tidak langsung dari berbagai komponen masyarakat. Semuanya untuk dijadikan sebagai arah kebijakan pembangunan daerah 3 (tiga) tahun ke depan,” ucap wako mengakhiri.

Sementara itu, Ketua DPRD Padang Syafrial Kani dalam kesempatan itu me­ngatakan, sebelum pengesahan ini telah dilakukan rapat internal Pansus, rapat kerja dengan OPD, kunjungan kerja, rapat internal menyusun laporan dan rapat pimpinan dengan OPD. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top