Close

DPRD Padangpariaman Komitmen Dukung Program Kepemudaan, Hari Sumpah Pemuda Momentum Mengingat Besar Peran Pemuda

DISKUSI— Ketua DPRD Padangpariaman, Arwinsyah, saat diskusi dengan Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur, usai peringatan sumpah pemuda tahun lalu.

Pemuda pemudi menjadi harapan kemajuan bang­sa hingga ting­kat daerah di Kabupaten Padangpariaman. Karena itu, peran pemuda sangatlah vital dalam kondisi sekarang.  Buktinya, di Pemkab Pa­dang­pariaman terdapat lembaga yang menaungi kepemu­daan. Yakni Dinas Pa­riwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora).

Semua itu di­ke­mu­­kakan Ketua DPRD Padangpariaman, Arwinsyah, kemarin. Ia menjelaskan bahwa Hari Sum­­pah Pemuda yang diperingati setiap ta­hun­nya, adalah momentu untuk terus mengingat betapa be­sar­nya peran pe­mu­da untuk bangsa ini.

Selain itu, menurutnya Hari Sumpah Pemuda juga menjadi momen pemuda untuk terus mengevaluasi diri. “Kita di pemerintahan kan menyediakan OPD yang khusus mengurus kepemudaan, yai­­­tu Disparpora Pa­dan­gpariaman,” ka­ta Arwinsya, kemarin.

Katanya, sudah pasti program kepemu­daan terus men­da­pat per­hatian legislatif ataupun eksekutif. “Setiap tahun peringatan Sumpah Pemuda, kita selalu mengadakan kegiatan di IKK Paritmalintang. Tahun ini juga ada,” ungkapnya.

“Kegiatan peringatan Sumpah Pemuda itu bukan saja peringatan berupa seremoni, tetapi harus kita maknai sebagai momentum evaluasi. Sehingga, peran pemuda tetap terjaga untuk kemajuan daerah dan bangsa ini,” ungkapnya.

Memang, Arwinsyah melihat pemuda adalah kelompok yang selalu dituntut oleh per­kembangan zaman. Se­hingga, mereka akan memiliki peran sesuai zamannya masing-masing. “Peran pemuda se­ka­rang kita lihat banyak dalam dunia kreativitas. Itu memang karena pesatnya per­kembangan tek­no­logi,” ujarnya.

Kendati begitu, ba­gi­­nya pemuda tetap bisa andil besar dalam pemerintahan. Misalnya dengan melibatkan diri ke politik. Baik untuk legislatif ataupun eksekutif. Semua tergantung pada kesiapan si pemuda saja.

“Kalau di politik itu jelas. Semua punya kesempatan. Misalnya pemuda kita ingin jadi anggota DPRD, mereka ber­kesempatan. Ting­gal kesiapan mental dan wawasan saja,” ungkapnya.

Untuk itu, Arwinsyah berpesan agar pemuda di Padangpariaman terus berpartisipasi aktif di masy­ara­kat. Kepedulian terha­dap nagari dan daerah sangatlah penting. Selain itu, selalu memberikan masukan dalam penyelenggaraan pemerintah agar terus lebih baik. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top