Menu

DPRD Minta Sarpras di Terminal Anakaia Dilengkapi

  Dibaca : 70 kali
DPRD Minta Sarpras di Terminal Anakaia Dilengkapi
Dian Fakri, Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang

SAWAHAN, METRO
Ketua Komisi III DPRD Padang, Osman Ayub berharap perlunya disiapkan sarana dan prasarana di Terminal Anakaia sebelum dioperasikan nantinya. Dengan begitu diharapkan, pengunjung bisa merasa nyaman dan aktivitas di terminal berjalan baik saat beroperasi.

“Kita minta Dinas Perhubungan penuhi semua isi di dalam terminal. Baik tempat duduk atau ruang tunggu dan lain sebagainya,” ujar kader NasDem, Kamis (27/1).

Ia menyampaikan, pemenuhan sarana dan prasarana itu memang mesti direalisasikan. Jangan sampai kekurangan yang ada di terminal tersebut membuat masyarakat mengeluh. Jadikan terminal itu sebagai lokasi persinggahan yang membuat semua pihak terbantu dan tak miliki beban.

Selanjutnya, ia meminta kepada Diishub untuk memastikan ke depan tak adanya bus yang mangkal di badan jalan. Jika masih nakal dan tak mengindahkan aturan, sanksi tegas. Jika bandel juga, cabut izin operasinya.

“Dishub jangan biarkan travel liar ngetem di sembarangan tempat, sebab itu dapat mengakibatkan kemacetan lalu lintas dan terjadi kecelakaan,” paparnya.

Anggota Komisi III DPRD Padang, Jupri meminta kepada pengusaha travel agar menaati aturan yang ditetapkan Dishub. Supaya kenyamanan terwujud dan izin tak dicabut nanti. Selanjutnya pada Dishub diminta lakukan pengawasan di terminal dan mari saling jaga kebersihan. Jangan sampai sampah dibiarkan berserakan.

“Kepada warga atau pengunjung diminta tak buang sampah secara bebas. Buanglah pada tempatnya, agar terminal bersih dan mata enak memandang nya,” ujar kader PAN ini.

Sebelumnya, pengerjaan Terminal Anakaia sudah rampung. Terminal itu akan beroperasi pada saat Lebaran Idul Fitri tahun ini. Di terminal tersebut nantinya tidak ada lagi bus yang ngetem.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang, Dian Fakri mengatakan, Terminal Type A Anakaia sudah berkonsep terminal modern. Bus hanya berhenti sebentar di terminal untuk menaikkan penumpang.

“Jadi tidak ada lagi bus yang ngetem lama-lama di terminal. Bus datang ke terminal hanya untuk menaikkan penumpang sesuai waktu berangkatnya,” kata Dian, kemarin.

Tidak itu saja terangnya, konsep Terminal Anakaia nantinya mirip bandara. Penumpang memesan tiket melalui gadget atau ponsel. Tidak ada lagi agen yang berada di terminal. “Nanti ada mesin tiket di bandara,” tukasnya.

Ia memperkirakan Terminal Anakaia dapat menampung sekitar 50 kendaraan setiap harinya. Terminal modern ini tidak saja menjadi tempat menaik-turunkan penumpang, akan tetapi juga sebagai penggerak roda perekonomian masyarakat sekitar.

Pada lantai tiga terminal sebut Dian, juga terdapat tempat berolahraga, kafe serta restoran. Terminal Anakaia nantinya terintegrasi dengan jalur kereta api dan pasar induk di Lubuk Buaya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional