Menu

DPRD Minta Maksimalkan Usaha Pulihkan Perekonomian di Daerah Payakumbuh

  Dibaca : 63 kali
DPRD Minta Maksimalkan Usaha Pulihkan Perekonomian di Daerah Payakumbuh
SAMBUTAN— Wakil Ketua DPRD Wulan Denura dari Fraksi Gerindra berikan sambutan.

SUKARNOHATTA, METRO–DPRD Kota Payakumbuh menggelar Dua rangkaian kegiatan dalam rapat pa­ripurna Selasa (25/5). Pe­nyampaian Rekomendasi DPRD Terhadap LKPJ Wali Kota Payakumbuh Tahun 2020 dan Penyampaian Nota Penjelasan Wali Kota Paya­kumbuh Terhadap Ran­per­da Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2020.

Rapat dipimpin oleh Wa­kil Ketua DPRD Wulan De­nura dari Fraksi Gerindra dan dihadiri oleh Wakil Wali Kota Erwin Yunaz, Wakil Ketua DPRD Armen Faindal dari Fraksi Demokrat, ang­gota DPRD, Asisten Setdako, dan jajaran OPD di ling­kungan Pemko Paya­kum­buh.

Wulan Denura menje­laskan jadwal dua rapat paripurna ini telah dite­tapkan melalui Badan Mu­syawarah DPRD. Diha­rap­kan sinergi antara DPRD dan Pemko Payakumbuh dapat terus terjaga se­hing­ga bisa memberikan kon­tribusi yang baik kepada jalannya pemerintahan dan kualitas hidup bagi ma­sya­rakat Payakumbuh.

“Pandemi Covid-19 be­tul-betul memberikan dam­pak yang cukup signifikan ter­hadap jalannya peme­rin­tahan dan kehidupan ma­syarakat, semoga kita bisa memaksimalkan usaha demi memulihkan kondisi pere­konomian,” kata Wu­lan.

Rapat Paripurna Pe­nyam­­paian Rekomendasi DPRD Terhadap LKPJ 2020. Juru Bicara DPRD Zainir dari Fraksi Amanat Kebangkitan Nasional menyampaikan Rekomendasi DPRD Ter­hadap LKPJ 2020. Secara umum karena Covid-19, di OPD Pemko ada terjadi re­fo­kusing anggaran, se­hing­ga pelaksanaan kegiatan berkurang.

“Realisasinya di setiap OPD pada umumnya sudah bagus meski ada yang sam­pai 75 persen saja. DPRD memahami ini mungkin di­se­babkan pandemi Covid-19. Namun, pesan kami di DPRD agar target masing-masing OPD pada tahun 2021 diharapkan di atas 75 persen. Karena akan berim­bas kepada peningkatan dan pertumbuhan ekonomi kedepannya,” ujar Zainir.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Erwin Yunaz me­ngucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada dewan perwakilan rakyat daerah kota payakumbuh, yang telah membahas laporan keterangan pertang­gung­jawaban walikota paya­kum­buh 2020 sekaligus telah memberikan rekomendasi, tanggapan serta saran dan masukan kepada Peme­rin­tah Daerah.

“Semoga masukan dari legislatif ini dapat kami gunakan sebagai bahan un­tuk melaksanakan tugas-tugas eksekutif pada masa mendatang. utamanya da­lam peningkatan kualitas penyelenggaraan peme­rintahan, pelaksanaan pem­bangunan dan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Dijelaskannya, penyam­paian rekomendasi DPRD dapat dipahami bersama sebagai perwujudan salah satu fungsi DPRD, yaitu fung­si pengawasan. Fungsi ini bermakna penting, baik bagi pemerintah daerah maupun bagi dewan per­wakilan rak­yat daerah sen­diri.

“Bagi pemerintah dae­rah, fungsi pengawasan merupakan suatu meka­nisme “checks and balan­ces” untuk menjamin pelak­sanaan aktivitas mencapai tujuan dan sasaran yang telah disepakati. Sedangkan bagi dewan perwakilan rak­yat daerah, fungsi penga­wasan ini juga mengandung makna sebagai tugas mulia yang diamanatkan masya­rakat,” papar Erwin.

Di samping itu, penga­wasan memiliki beberapa tujuan, antara lain men­jamin agar pemerintahan daerah berjalan sesuai de­ngan rencana, menjamin kemungkinan tindakan ko­rek­si yang cepat dan tepat terhadap penyimpangan yang ditemukan,  me­num­buhkan motivasi, perbaikan, pengurangan dan penia­daan penyimpangan, dan meyakinkan bahwa kinerja pemerintah daerah sedang atau telah mencapai tujuan dan sasaran yang telah dite­tapkan.

“Tentunya hal ini harus diikuti dengan terjalinnya komunikasi timbal balik di­ser­tai adanya keterbukaan diantara para pihak dalam penyelesaian segala per­masalahan dalam me­wu­judkan kesejahteraan ma­syarakat,” ulasnya.

Wawako juga akan in­struksikan kepada semua organisasi perangkat dae­rah di lingkungan Peme­rintah Kota Payakumbuh untuk segera mempelajari secara lebih seksama dan sungguh-sungguh materi rekomendasi DPRD guna perbaikan pelaksanaan program dan kegiatan pada masing-masing satuan kerja di masa yang akan datang. (uus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional