Menu

DPRD Kota Sawahlunto Setujui Ranperda LPP APBD 2020

  Dibaca : 142 kali
DPRD Kota Sawahlunto Setujui Ranperda LPP APBD 2020
Ketua DPRD Sawahlunto Eka Wahyu menandatangani Nota Persetujuan Bersama antara DPRD Sawahlunto dengan Pemko Sawahlunto.

Dalam sidang pari­purna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sawahlunto menyetujui Ranperda Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan (LPP) APBD 2020 Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto menjadi Perda, Senin (12/7). Dalam sidang paripurna tersebut 3 orang anggota DPRD Sawahlunto dari 20 anggota DPRD Sawahlunto izin untuk tidak menghadiri acara tersebut, namun sidang tetap dilanjutkan karena quorum telah tercapai. Dan sesuai dengan amanah pasal 105 ayat (1) huruf b peraturan DPRD Kota Sawahlunto No.12/2018 tentang Tata Tertib DPRD Kota Sawahlunto.

Sidang Paripurna diawali dengan pembukaan sidang secara resmi Ketua DPRD Kota Sawahlunto Eka Wahyu SE. Selanjutnya penyampaian laporan proses pembahasan rancangan peraturan da­e­rah tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD (LPPA) Kota Sawahlunto tahun anggaran 2020 yang dibacakan H Jaswandi SE Wakil Ketua 1. Dan Wakil Ketua II Elfia Rita Dewi, SH membacakan laporan hasil pembicaraan tingkat 1.

Selanjutnya sidang pa­ripurna DPRD mendengarkan pendapat masing-masing Fraksi. Ada 4  fraksi yang menyampaikan pendapatnya. Dalam ke­sempatan itu para fraksi selain memberikan pendapatnya. Juga dengan saran dan kritikan membangun yang bisa dijadikan catatan bagi pihak Pemko Sawahlunto dalam menentukan Perda yang akan dibuat untuk kebijakan kedepannya.

Ketua DPRD Sawahlunto Eka Wahyu yang me­mimpin rapat mengung­kap­kan,  dengan ada­nya si­dang paripurna maka pem­bahasan materi Ran­ca­ngan Peraturan Daerah (Ranperda) ini telah dilaksanakan dalam Rapat Kerja Bersama Pemerintah Daerah dan OPD terkait dan demi kesempurnaannya telah mempedomani referensi yang relevan. Se­hingga Rancangan Pe­ratu­ran Daerah ini dirasa te­lah dapat dilanjutkan pro­ses­nya menjadi sebuah Peraturan Daerah yang benar dan menjadi produk hukum sesuai dengan kebutuhan Pemerintah dan masya­rakat Kota Sawahlunto.

Ketua DPRD Eka Wah­yu mengadakan Pengambilan Keputusan atau Persetujuan Anggota DPRD. Keempat Fraksi yang hadir menyetujui LPPA Kota Sawahlunto Tahun Anggaran 2020 menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Setelah dilakukan Pengambilan Keputusan ma­ka pihak DPRD Sawahlunto dan Pemerintah Kota Sawahlunto menandatangani Nota Persetujuan bersama antara DPRD dengan Pemerintah Daerah Kota Sawahlunto. Yang langsung ditandatangani oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta SH, Ketua DPRD Eka Wahyu, Wakil Ketua 1 DPRD Jaswandi SE  dan Wakil Ketua DPRD II Elfia Rita Dewi SH.

Dokumen Rancangan Peraturan Daerah ini akan disampaikan kepada Walikota Sawahlunto secara resmi dalam jangka waktu paling lama 3  hari.  Ketua DPRD Eka Wahyu juga me­nyampaikan harapannya agar pendapat Fraksi-Fraksi DPRD dan hasil pembicaraan tingkat 1 yang disampaikan pada rapat pari­purna pembicaraan Ting­kat II hari ini, agar mendapat perhatian untuk ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah dalam menjalankan Roda Pemerintahan Kota Sawahlunto kedepan. “Setiap kegiatan perlu ada­nya evaluasi dan monito­ring, supaya terciptanya per­baikan untuk menghasil­kan kegiatan yang baik dan bermanfaat,” ujar Eka. (pin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional