Close

DPRD Fokus Kawal RPJMD dan Progul Gubernur

Supardi Ketua DPRD Sumbar

PADANG, METRO–DPRD Sumbar menyatakan komit untuk me­ngawal  program-program yang dijalankan pe­merintah provinsi  guna menunjang suksesnya pe­nye­len­g­garaan pemerintahan daerah di tahun 2022 sekarang. 

Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengatakan tahun 2022 adalah tahun pertama pelaksanaan RPJMD 2021-2026 dan sejumlah program unggulan  yang diusung Gubernur Mahyeldi dan Wakil Gubernur Audy. 

Karena program prioritas yang ada di RPJMD dan di progul sudh menjadi tang­gung jawab bersama, imbuh Supardi, DPRD akan mengawal agar pelak­sanaannya ber­jalan optimal. 

“Untuk RPJMD dan Progul ini, dia tidak lagi merupakan visi misi­nya gubernur, tapi su­dah menjadi program prioritas Pemerintah Provinsi Sumbar ter­masuk DPRD, sehingga kita akan kawal itu,” ujar Supardi saat diwawancarai awak media, Selasa (11/1). 

Lebih lanjut mengatakan, di tahun sekarang DPRD juga akan fokus mengawal agar Sumbar bisa lebih mandiri, dan punya konektivitas hubungan yang bagus dengan pemerintah pusat.

Hal ini mengingat kondisi APBD Sumbar yang terbatas,  sehingga sangat dibutuhkan dukungan APBN untuk mensuport pembangunan di Sumbar, baik itu untuk masalah ekonomi, infrastruktur dan lain sebagainya.

“Kemudian kita juga akan mengawal, bagaimana pendapatan daerah bisa naik tanpa harus membebani masyarakat,”ujar Supardi.

Artinya di sini, sambung Politisi Gerindra tersebut DPRD akan mengawal agar Pendapatan  Asli Daerah (PAD) tidak hanya bertumpu pada pajak kendaraan bermotor, tapi juga bisa dengan mengali sektor-sektor lain, seperti memanfaatkan aset-aset idol yang cukup banyak,  salah satunya dengan bekerja sama dengan pihak ketiga. (hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top