Menu

DPRD Dukung Kerja Sama Pemkab A­gam dengan UM Sumbar, Pengelolaan SDA harus Seimbang dengan SDM

  Dibaca : 94 kali
DPRD Dukung Kerja Sama Pemkab A­gam dengan UM Sumbar, Pengelolaan SDA harus Seimbang dengan SDM
SAMBUT BAIK— Ketua DPRD Agam menyambut baik kerja sama Pemkab Agam dengan Universitas Muhammadiayah (UM) Sumbar.

AGAM, METRO–Terkait kerjasama Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UM Sum­bar) dengan Pemkab A­gam, Ketua DPRD Dr  Novi Irwan  memberikan apre­siasi dengan menyambut baik prihal kerjasama ter­sebut. Apalagi me­nyang­kut pengembangan desti­nasi wisata dan pendam­pingan secara berkelan­jutan terhadap wilayah Kabupaten Agam. Hal ter­sebut diungkapkan saat kunjungan Wakil Rektor III UM Sumbar Mohammad Abdi bersama Dekan Fa­kultas Pariwisata, Rozi Yuliani dan Dosen Pariwi­sata sekaligus Praktisi, Eddi Novra, di rumah dinas DP­RD Agam, Padang Baru, Jumat (23/7).

Ketua DPRD Dr  Novi Irwan  mengatakan, silah­tu­rahmi tersebut sebagai bentuk upaya memperkuat komunikasi dan koordinasi, antara pemerintah daerah melalui legislatif dengan akademisi.  “Kami me­nyam­but baik UM Sumbar berkenan melakukan pe­ngabdian sekaligus pen­dampingan kepada ma­sya­rakat. Terutama men­suk­seskan program peme­rintah pusat hingga ke pemerintah Kabupaten Agam. Kami sangat senang dan terbantu,” kata Novi.

Ditambahkan, Pemkab Agam sangat intens dalam pengembangan sektor p­a­riwisata. “Karena Agam kaya dengan keindahan alam dan budayanya. Kita punya semua nya. Pantai, Danau, Rawa, Nyarai, Nga­rai, Gunung, Perbukitan dan lembah atau air ter­jun,” papar Novi.

Sementara ini, masih lemah dalam sisi Sum­berdaya Manusia (SDM). Pengelolaan, pengem­ba­ngan dan pemanfaatan kekayaan alam belum se­im­bang dengan sumber daya manusianya. “Untuk itu, dibutuhkan banyak pi­hak dalam pendorongan peningkatan SDM ini. Jika hanya diserahkan kepada pemerintah saja, itu mus­tahil karena keterbatasan kita,” ujar Novi.

Kolaborasi dengan aka­demisi adalah langkah cer­das dan sangat berteri­makasih atas perhatian dan kepedulian UM Sum­bar, Di samping potensi Utama Agam dengan 7P, Pertanian, Peternakan,  Perikanan,  Perkebunan, Pariwisata, Perindustrian, Pendidikan Agam/ Pesan­tren tak lepas dari sinergi Pemerintah, Masyarakat dan peran intelektual kam­pus dalam pengem­ba­ngan­nya, terang Novi lagi.

Sementara itu, Wakil Rektor III, UM Sumbar Mohammad Abdi sangat senang atas sambutan ha­ngat Ketua DPRD Agam tersebut. Hal itu menam­bah spirit dan motivasi untuk mensukseskan program pendampingan dan pem­ber­dayaan masya­rakat.

“Pendampingan ini me­ru­pa­kan kelanjutan dari kesuksesan Museum Ru­mah Kelahiran Buya Ham­ka masuk nominasi Situs Sejarah di Anugrah Pesona Indonesia atau API 2021. Untuk tahun ini kita fokus di Kecamatan Tanjung Ra­ya,” tutupnya.(pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional