Menu

DPR RI Kunjungi Pasar Lubuk Buaya, Semua Komoditi Dipastikan Aman

  Dibaca : 118 kali
DPR RI Kunjungi Pasar Lubuk Buaya, Semua Komoditi Dipastikan Aman
KUNKER— Anggota Komisi IX DPR RI melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Pasar Lubuk Buaya untuk memastikan aman atau tidaknya komoditi yang dijual di sana. Kunjungan ini didampingi Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal. (banua siregar/posmetro)

LUBUK BUAYA, METRO – Tim Komisi IX DPR RI bersama Dinas Perdagangan Kota Padang melakukan pengecekan terhadap semua komoditi yang dijual para pedagang di Pasar Lubuk Buaya Padang, Selasa (21/5). Dari hasil pengecekan, dipastikan semua komoditi yang ada di pasar tersebut dinilai sudah memenuhi syarat kesehatan.

Ketua Tim Kunjungan Kerja Komisi IX DPR RI, Suir Syam mengatakan, berdasarkan hasil pengecekan sampel semua komoditi yang ada di dalam pasar, tidak ditemukan komoditi yang dicampur dengan bahan pengawet berbahaya.

”Alhamdulillah, kita telah masuk tadi (kemarin-red). Seluruh makanan (komoditi) yang dijual di sini (Pasar Lubuk Buaya) sudah memenuhi syarat kesehatan. Artinya sangat aman dan layak untuk dikonsumsi,” kata Suir Syam, usai meninjau sejumlah komoditi di pasar itu.

Suir Syam menjelaskan kedatangannya beserta rombongan untuk mengecek atau pengawasan obat dan makanan. Pihaknya ingin memastikan apakah di Pasar Lubuk Buaya tersebut ada atau tidak makanan yang diduga dicampur zat pewarna berbahaya terhadap kesehatan.

”Kita ndak menemukan makanan yang pakai pengawet maupun yang pakai pengawet yang merusak ataupun bahan pewarna yang merusak seperti boraks dan sebagainya. Aman dan sehat semuanya,” ungkap Suir Syam.

Dengan memenuhi syarat kesehatan Pasar Lubuk Buaya, Suir Syam berterima kasih kepada Dinas Perdagangan Kota Padang, BBPOM di Padang, Dinas Kesehatan Kota Padang, serta pihak terkait lainnya yang telah secara berkesinambungan melakukan pengawasan.

”Terima kasih kepada dinas-dinas dan seluruh kader yang ikut memotivasi, mensosialisasikan makan-makanan sehat dan apa yang harus dihindari. Selain itu, tentunya tidak lepas dari pengawasan yang sudah dilakukan selama ini,” ungkap Suir Syam.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal, mengatakan pengawasan dan pemeriksaan komoditi-komoditi di Pasar Lubukbuayo sudah rutin dilaksanakan. Petugas-petugas kebersihan dan penertiban ditempatkan untuk mengawasi itu.

”Kita sebetulnya sudah rutin. Jadi, tidak hanya sebatas ada kunjungan. Kenapa. Karena ada petugas yang sudah kita siapkan, terus di sana lalu kita monitor pekerjaan petugas tersebut,” kata Endrizal yang ikut mendampingi rombongan Komisi IX DPR RI.

Endrizal menyebutkan, para petugas tersebut selanjutnya diarahkan untuk memonitor komoditi-komoditi yang diragukan. Tapi, selama ini belum ada ditemukan para pedagang berbuat curang.

”Petugas- petugas ini juga sudah kita latih melalui BBPOM. Jadi kegiatannya sudah menjadi terpadu. Sehingga, Pasar Lubuk Buaya ini dinyatakan memenuhi syarat kesehatan oleh anggota DPR RI Komisi IX,” pungkas Endrizal. (rgr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional