Close

DPPKB Solok Gandeng Ikaboga, Tingkatkan Keterampilan Berwirausaha

PELATIHAN— Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Solok, Ardinal membuka acara pelatihan.

SOLOK, METRO–Motivasi serta keteram­pilan berwirausaha bagi anggota kelompok Usaha Pe­ningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA), perlu ditingkatkan.  Setidaknya upaya tesebut akan mendo­rong kelompok dalam menciptakan peluang ekonomi bagi keluarga mereka.

Untuk itu Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Solok gandeng Ikatan Ahli Boga (Ikaboga) Kota Solok dalam me­laksanakan kegiatan pelatihan keterampilan pengolahan bahan makanan berbahan dasar tepung bagi anggota Kelompok UPPKA. Sebanyak 75 orang peserta yang mewakilkan 47 kelompok UPPKA yang ada di Kota Solok mengikuti kegiatan ter­sebut.

Kepala Dinas Pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana Kota Solok, Ardinal, mengatakan kegiatan pelatihan keterampilan usaha ini sangat bermanfaat.  “Diharapkan para peserta yang mengikuti pelatihan dapat menerapkan ilmu yang dipelajari untuk membuka usaha perorangan maupun kelompok sehingga dapat mendukung perekonomian keluarga anggota kelompok yang telah ada ke depannya,: ucap Ardinal.

Ardinal menuturkan bahwa Program Kependudukan dan Keluarga Berencana ti­dak hanya berusaha menjalankan program di bidang KB guna mengatasi ledakan penduduk saja. Namun juga menyelenggarakan program lain seperti kesehatan reproduksi remaja, balita dan anak, program ke­tahahan keluarga, serta program pe­nguatan keluarga kecil ber­kualitas melalui program pemberdayaan kelompok guna meningkatkan pen­da­patan perekonomian keluarga sejahtera.

Sampai tahun ini, kata Ardinal,  melalui program pemberdayaan kelompok sudah tumbuh sebanyak 47 kelompok UPPKA di Kota Solok, 30 kelompok di Kecamatan Lubuk Sikarah dan 17 Kelompok di Kecamatan Tanjung Harapan. “Sejak tahun 2018, DPPKB Kota Solok telah melaksanakan berbagai pelatihan seperti pelatihan memasak, pelatihan menjahit, pelatihan pencatatan dan pelaporan, serta pemberian hibah pera­latan usaha bagi kelompok UPPKA,” tuturnya. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top