Close

DPMPTSP Padangpanjang Upayakan Tekan Angka Pengangguran

PADANGPANJANG, METRO–Menekan angka pengangguran di Kota Padang­panjang, Pemerintah Kota (Pemko) setempat melalui  Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) kembali melakukan pelatihan kerja dan  berkolaborasi dengan berbagai pihak berkepoten. “Salah satu langkah konkret dalam mengatasi pengangguran adalah peningkatan kemandirian masyarakat. Untuk peningkatan kemandirian ini, adanya stimulus kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan-pelatihan,” kata Kepala DPMPTSP, Ewasoska, Selasa (5/10).

Diterangkannya, Pelatihan yang dilakukan seperti pelatihan soft skill seperti kemampuan berbahasa asing dan pelatihan teknis lainnya.  “Mutu tenaga kerja yang baik, akan memberikan peluang kepada peningkatan produktivitas se­hingga mempengaruhi capaian pembangunan daerah,” ulasnya.

Ditambahkannya, pada perubahan APBD 2021 ini ada peningkatan anggaran pada program penempatan tenaga kerja. Semula Rp 113.356.000 menjadi Rp 223.834.000.  “Kemudian pada program pelatihan kerja dan produktivitas tenaga kerja, juga mengalami kenaikan dari semula Rp 121.957.000 menjadi Rp 378.716.900,” ungkapnya.

Kepala Bidang Penanaman Modal dan Ketena­gakerjaan DPMPTSP, Mardi Suntami, menambahkan, tahun 2021 ini sebanyak 168 orang pencari kerja sudah difasilitasi untuk mengikuti berbagai pelatihan. Di antaranya pelatihan operator alat berat.  “Sebanyak 16 orang peserta mengikuti pelatihan ke Balai  Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh. Awal tahun 2021 ini sudah berjalan dan Oktober ini  kita kirim tahap dua. Ini akan berlanjut pada tahun berikutnya,” sebutnya.

Ditambahkan Mardi, selain itu pihaknya juga memfasilitasi pencari kerja untuk mengikuti pelatihan pada Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi. Di antaranya pelatihan pariwisata, pengo­perasian industrial manufacturing system serta teknisi embedded system (micro controller).  Di samping itu, bersama Pemerintah Provinsi, pihaknya juga men­fasilitasi pelatihan bahasa asing. Peserta pelatihan yang telah menguasai bahasa asing dan pelatihan teknis tersebut, akan diikutkan dalam seleksi program kerja sama pengiriman tenaga terampil ke Jepang dan Korea. (rmd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top