Menu

DPMN Gelar Bimtek Perencanaan Pembangunan Nagari Berbasis SIPBM

  Dibaca : 99 kali
DPMN Gelar Bimtek Perencanaan Pembangunan Nagari Berbasis SIPBM
DPMN Gelar Bimtek Perencanaan Pembangunan Nagari Berbasis SIPBM

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) Kabupaten Agam, gelar Bimtek perencanaan pembangunan nagari berbasis aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM) bagi perangkat nagari di Hotel Grand Inna Muara Padang, Senin-Rabu, 22-24 Maret

Kegiatan ini diikuti sekretaris nagari dan kaur yang membidangi SIPBM, serta kasi PMD kecamatan se-Agam. Kabid Bina Keuangan dan Kekayaan Nagari DPMN Agam, Bustanul Arifin mengatakan, SIPBM ini dikembangkan untuk membantu peningkatan kinerja pembangunan berdasarkan partisipasi masyarakat, baik dalam perencanaan, implementasi, maupun dalam pelaporannya.

Dengan begitu, menurutnya kegiatan ini dapat meningkatkan keterampilan, menambah pengetahuan dan merubah sikap, yang dibutuhkan dalam kegiatan pelaksanaan perencanaan pembangunan nagari ke arah lebih baik.

“Kita berharap melalui bimtek ini tersedianya informasi by name by addres di nagari untuk micro planning, serta membantu perencanaan tingkat nagari,” ujar Bustanul.

Disisi lain, juga diharapkannya model SIPBM ini seiring dengan konsep pemberdayaan masyarakat, dan dapat menggerakkan modal sosial. Meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan nagari, sehingga menjadi lebih efektif, efisien dan terukur. “Maka dengan besarnya dana yang dikucurkan ke nagari setiap tahunnya, kita harap dapat membawa perubahan yang besar untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Bustanul.

Hal ini karena, pembangunan dapat meningkatkan kesejahteraan apabila diawali dengan perencanaan yang baik. Untuk itu dimintanya agar peserta mengikuti bimtek dengan serius, supaya dapat memahami materi yang disampaikan untuk diimplementasikan di nagari masing-masing. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional