Menu

DPK Padang Gelar Bimtek Perpustakaan, Wujudkan Pengelolaan Perpustakaan Sesuai Standar 

  Dibaca : 99 kali
DPK Padang Gelar Bimtek Perpustakaan, Wujudkan Pengelolaan Perpustakaan Sesuai Standar 
BIMTEK—Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang gelar Bimtek pengelolaan perpustakaan terhadap SDM pengelola perpustakaan SD se-Kota Padang.

PADANG, METRO
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Padang helat bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan perpustakaan bagi pengelola perpustakaan SD se Kota Padang, 10 – 11 November. Pembukaan Bimtek ini dibuka Plt Walikota diwakili Kepala DPK Azwin dan dihadiri anggota DPRD Padang Muhidi.

“Bimtek ini bertujuan agar perpustakaan SD dapat memahami tentang implementasi manajemen pengelolaan perpustakaan SD sesuai standar dan penerapan aplikasi otomasi di perpustakaan SD5,” ujar Kabid Pembinaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Evilidiyanti SH, Selasa (10/11).

Dikatakan Evilidiyanti, pelaksanaan Bimtek ini mengingat pentingnya inventarisasi dan kelengkapan buku pustaka klasifikasi dan tajuk subjek. Dan katalogisasi layanan perpustakaan akreditasi perpustakaan sekolah dan pengemplementasian program kerja perpustakaan sekolah.

Bimtek ini diikuti 405 peserta yang terdiri dari pengelola perpustakaan SD se Kota Padang. Dan Bimtek dilaksanakan tiga angkatan, angkatan pertama 10-11 November, angkatan kedua 12-13 November dan angkatan ketiga 16-17 November.

Anggota DPRD Padang Muhidi mengharapkan, masyarakat gemar membaca, tidak saja kepada pelajar, tetapi semua masyarakat kota agar gemar membaca. “Apalagi kepada pemegang kebijakan maupun pelayan masyarakat di lingkungan Pemko Padang diharapkan gemar membaca,” ujar Muhidi.

Dikatakan Muhidi, untuk ini semua ia memiliki kiat seperti kemauan (M) dan keikhlasan. Kemudian, istiqomah dan sabar.  Keempat karakter ini akan membuat seseorang sukses dalam menggapai sesuatu.

Kepala DPK Padang Azwin mengatakan, Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan perpustakaan sekolah terutama perpustakaan SD. “Hal ini mengingat hal sangat penting keberadaan perpustakaan sekolah untuk meningkatkan SDM peserta didik di sekolah,” ujar Azwin.

Kemudian Bimtek ini sangat erat sekali kaitannya dengan sistem pendidikan nasional dalam mencerdaskan anak bangsa. Dan mendukung program wajib belajar yang diusung pemerintah pusat. Serta memberikan informasi kepada peserta didik di lingkungan sekolah.

Selain itu hal ini sangat penting dan strategis dalam peningkatan pengetahuan peserta didik sekolah. Kemudian, bertujuan agar pengelolaan perpustakaan di SD sesuai spesifikasi. (boy)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional