Close

DPC Peradi Padang Lantik 99 Avdokat 

PENGAMBILAN SUMPAH— Kepala Pengadilan Tinggi (KPT) Amril melantik dan mengambil sumpah 99 advokat di Pengadilan Tinggi  (PT)  Padang, Kamis (25/11).

PADANG, METRO–Sebanyak 99 orang dilantik dan diambil sumpah sebagai advokat di Pengadilan Tinggi  (PT)  Padang. Dalam kegiatan tersebut, ikut hadir Ketua Peradi pusat. Dalam pengambilan sumpah, yang diketuai oleh Kepala Pengadilan Tinggi (KPT) Amril, menekan kepada para advokat agar selalu menjalankan tugas profesi dengan sungguh-sungguh.

“Di samping itu, para advokat harus dapat me­nyesuaikan diri dengan digitalisasi karena saat ini semua pekara di pengadilan bersistem,” katanya, Kamis (25/11).

Pada kesempatan itu,  Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Perhimpunan Advokat Indonesia – Suara Advokat Indonesia (Peradi-SAI) Juniver Girsang  hadir dan juga  memberikan pesan-pesan khu­sus kepada para advokat yang baru saja dilantik.

“Untuk DPC Peradi Pa­dang saya memberikan ap­resiasi yang menyelenggarakan pendidikan kemudian pembinaan yang bagus, ini menjadi contoh bagi DPC yang lain,” kata lawyer senior tersebut.

Juniver menegaskan para advokat harus menjalankan tugas  profesinya dengan sebaik mungkin. Apabila advokat  melanggar, maka tidak segan segan ditindak dan diberi sanksi.

“Yang sangat terpenting juga para advokat ha­rus mengikuti perkembangan informasi hukum dan harus profesional serta menjaga marwah kehormatan advokat,” ujarnya.

Di sisi lain, ia mengatakan para advokat harus berkoordinasi dengan ketua DPC dan harus mendapat informasi perkembangan hukum untuk menunjang profesi masing-masing.

Dia berharap agar, hukum di Padang betul-betul dijalankan secara fair. Selain itu juga menjaga hu­bungan yang baik dengan penegak hukum. “Dan sangat penting peduli akan kepentingan masyarakat termasuk berikanlah bantuan cuma-cuma untuk rakyat kecil yang tersandung masalah hukum,” tandasnya.

Sementara Ketua DPC Peradi Suara Advokat Kota Padang Hanky Mustav Sabarta yang didampingi Sekretaris DPC Martry Gilang Rosadi panitia pelaksana Yusak David Pingah

berharap kedepan Peradi di Padang lebih maju dan kedepanya advokat yang telah dilantik agar dapat berbuat banyak untuk kepentingan masyara­kat sesuai tanggungjawab atas sumpah yang telah diemban. “Pada kesempatan ini, dengan bangga kami melantik secara langsung 99 calon advokat di lingkungan DPC Peradi Padang Suara Advokat Indonesia dan Alhamdulillah juga dilantik langusung oleh Ketua DPN Peradi Bapak Juniver Girsang,” katanya.

Hanky menambahkan, advokat yang telah dilantik dan telah diambil sumpahnya, berperan untuk selalu memberikan contoh dan pemahaman kode etik kepada anggota agar tiap anggota di Kota Padang betul-betul tunduk dan pa­tuh terhadap kode etik advokat Indonesia.

“Dengan begitu, diha­rapkan tidak terjadi pelanggaran kode etik di wilayah yang dimaksud. Nama-nama yang mengi­kuti pelantikan dan pengambilan sumpah advokat di Wila­yah Pengadilan Tinggi Pa­dang adalah calon advokat yang telah dinyatakan lolos verifikasi baik oleh Peradi maupun dari Pengadilan Tinggi Pa­dang,” bebernya.

Pria yang akrab disapa Hanky Matondang berha­rap advokat yang baru untuk selalu membela kebenaran, berpedoman pada undang-undang, menjunjung kode etik dan berperilaku terhormat.

“Semoga dengan pelantikan yang baru ini semakin meningkatkan kapasitas keilmuannya dan bekerja secara profesional,” tutupnya. (hen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top