Menu

DP3AKB Gelar Sosialisasi Keluarga Berencana

  Dibaca : 91 kali
DP3AKB Gelar Sosialisasi Keluarga Berencana
Ilustrasi

PARIAMAN, METRO – Meningkatkan Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pariaman mengadakan Sosialiasi dan Pembentukan Sekolah Siaga kependudukan (SSK) Tingkat Kota Pariaman tahun 2019.

Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas DP3AKB Kota Pariaman Nazifah dan dihadiri oleh Kasubid Kerjasama Pendidikan Kependudukan BKKBN Provinsi Sumatera Barat Marda Jendri.

Sosialiasi dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik mengenai kondisi kependudukan dan permasalahannya. Peserta sosialisai melibatkan 3 orang guru yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru BK dan Guru Geografi.

“Kebijakan Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) mempunyai arti yang sangat penting dalam upaya mewujudkan masyarakat yang sejahtera. Dalam kaitannya dengan program prioritas pembangunan nasional di Indonesia, seperti program pengentasan kemiskinan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat maka program KKBPK adalah indikator yang sangat penting dalam mewujudkan program prioritas tersebut, “ ungkap Kadis DP3AKB Kota Pariaman Nazifah.

Melihat tantangan yang semakin berat maka salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan cara meningkatkan pemahaman para pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik mengenai kondisi kependudukan dan permasalahannya. Untuk mendukung upaya tersebut perlu dibentuk jalur pendidikan formal Sekolah Siaga Kependudukan (SSK).

“SSK adalah salah satu program kegiatan untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat melalui pendidikan jalur formal agar memilki pengetahuan, pemahaman dan kesadaran tentang kondisi kependudukan. Ini merupakan program sinergitas antar Pemerintah Daerah, mitra pengelola pendidikan di daerah yang dilaksanakan dengan memperhatikan potensi dan peluang serta nilai-nilai kearifan lokal,” ungkapnya.

Adapun sasaran program SSK ini mengangkat isu kependudukan meliputi pemahaman kesehatan reproduksi kepada remaja, pendewasaan usia perkawinan, penurunan angka kematian ibu dan bayi, pemahaman konsep keluarga kecil dan pembangunan keluarga dan peningkatan kualitas pendidikan usia produktif.

Ia berharap melalui sosialisasi ini nantinya akan menambah pemahaman Bapak/Ibuk terhadap SSK ydan akhirnya nanti akan terbentuk Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) untuk SMP, SMA dan sederajat di Kota Pariaman. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional