Menu

Dosen UNP Ajarkan Pembuatan Kemeja Batik Eksklusif pada Warga Maninjau

  Dibaca : 88 kali
Dosen UNP Ajarkan Pembuatan Kemeja Batik Eksklusif pada Warga Maninjau
Foto bersama Wali Nagari Maninjau Alfian dengan dosen pembimbing pelatihan dari UNP usai pelatihan tata busana di Kantor Wali Nagari Maninjau, Minggu (5/9) sekaligus peragaan hasil karya peserta.

AGAM, METRO–Akademisi Universitas Negeri Padang (UNP) kem­bali melakukan pe­ngab­dian masyarakat di Nagari Ma­nin­jau, Kecamatan Tan­jung Raya, Kabupaten A­gam. Dosen dari Fakultas Pariwi­sata dan Perhotelan itu mem­baur dengan ma­syarakat un­tuk mem­beri­kan pelatihan pembuatan kemeja batik pria secara eksklusif untuk berwi­rau­saha bagi ibu-ibu PKK dan remaja putri.

 Ketua Tim Pengabdian Masyarakat UNP Dra Ad­ria­ni MPd mengatakan, acara pengabdian kepada masyarakat di Maninjau digelar dengan lima bidang dari enam yang diren­ca­nakan. Dimulai 13 Agustus 2001 dengan kegiatan bi­dang tata rias. Juga ada bidang kewirausahaan, bi­dang IT dan kearsipan. Yang terakhir adalah bi­dang tata busana yang menutup rangkaian kegia­tan di pengabdian ma­syarakat di Maninjau.

 “Ibu-ibu PKK dan re­maja putri di Maninjau ini ternyata cepat menangkap dan mahir. Jadilah hari ini kami melakukan peragaan hasil pelatihan sekaligus penutu­pan rangkaian­ pela­tihan. Peserta pelatihan ta­ta bu­sana ini terdiri dari 10 warga Nagari Maninjau yang tersebar dari lima jorong,” kata Adriani, putri asli Maninjau didampingi anggota tim  tim Sri Zulfia Novrita SPd MSi yang ju­ga dosen Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP.

 Banyak pelajaran dan ilmu yang didapat oleh warga Maninjau selama kegiatan yang digelar di masa pandemi ini. Selain tatap muka, Sebagian ke­giatan juga digelar secara daring (dalam jaringan) menggunakan fasilitas zo­om meeting. Tim pengab­d­i­an ma­syara­k­at U­NP ju­ga memberikan satu buah mesin jahit untuk nagari Maninjau yang bisa diman­faatkan untuk usaha.

 Wali Nagari Maninjau Alfian Dt Kayo hadir yang hadir di awal pelatihan dan akhir pelatihan m­engucap­kan terima kasih atas pela­tihan yang dberi­kan. Se­telah dilihat hasilnya dan sudah dikaderkan, dia ber­harap semoga ke depan dapat membantu usaha dan rumah tangga.

 “Kita hanya harus me­ningkatkan promosi agar bnyak yang tahu kalau di sini sudah ada yang bisa mem­buat kemeja batik eks­lusif seperti ini. Bisa dijadikan salah satu cen­dera mata dari Maninjau juga tentunya kalau sudah disempur­na­kan,” kata Al­fian. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional