Menu

Doni Monardo, Ingatkan Daerah Maksimalkan Anggaran untuk Penanganan Bencana.

  Dibaca : 89 kali
Doni Monardo, Ingatkan Daerah Maksimalkan Anggaran untuk Penanganan Bencana.
Letnan Jenderal TNI Doni Monardo, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) Pusat, saat menggelar rapat kerja bersama BPBD Se - Provinsi Sumatera Barat, Kamis (15/4/2021) di Gedung Painan Convention Center ( PCC) Kabupaten Pesisir Selatan.

PESSEL, METRO

Letnan Jenderal TNI Doni Monardo, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) Pusat, saat menggelar rapat kerja bersama BPBD Se – Provinsi Sumatera Barat, Kamis (15/4/2021) di Gedung Painan Convention Center ( PCC) Kabupaten Pesisir Selatan, mengingatkan pada Bupati/ Walikota agar bisa memaksimalkan anggaran untuk penanganan bencana.

Rakor bersama dengan BPBD Kabupaten/ Kota Se – Sumatera Barat siang itu juga dihadiri Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi, Anggota DPR RI Komisi VIII Lisda Hendrajoni, Wakil Bupati Pesisir Selatan Rudi Hariyansyah. Dan Forkopimda Pessel.

Pada awak media, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) Doni Monardo, didampingi Gubernur Sumbar Mahyeldi memberikan apresiasi pada Pemrov Sumatera Barat dalam pengendalian Covid -19 (kasus aktif), dibawah pemerintah pusat.

Evulasi dilakukan, pengendalian kasus aktif Sumbar 4, 32% dan Nasional 6, 88 %, Kematian Sumbar 2,17 % dan Nasional 2,7%,  dan Kesembuhan Sumbar 93 % dan Nasional 90 %. Namun begitu, dua minggu kebelakang kasus harian di Sumbar mengalami kenaikan. Dan, ini harus bersama Kita antisipasi bersama.

“Kita harus antisipasi cepat jangan sampai menyebar ke petugas dan dokter,” kata Letnan Jenderal TNI tersebut.

Doni Monardo memberikan apresiasi lagi pada Lafor. UNAND Padang dalam mendukung percepatan penanganan spesmen covid -19, Dr. Andini telah mampu membina mahasiswa dalam hal tersebut. Selain itu, sesuai arahan dari Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi pada agar tidak mudik lebaran dari tanggal 6 -17 Mei 2021, ataupun sebelum tanggal ditentukan.

“Basaba dulu”, lebih baik mencegah dari pada kita terkena Covid -19. Hal lain, Pemerintah Pusat akan melakukan vaksinasi secara menyuluruh, dan walaupun sudah divaksinasi tetap jangan mengabaikan protokol kesehatan( Prokes).

Menyigung penanganan mitigasi bencana itu sendiri, Doni BNBP Pusat rutin melakukan pertemuan dengan bupati/ walikota tetap melakukan latihan diwilahyanya. Latihan kesiapsiagaan harus terus dilakukan karena tidak ada satupun orang kapan terjadinya bencana atau musibah.

Maka salah satu nya dengan pelatihan kesiapsiagaan, termasuk apa disampaikan oleh Gubernur Sumbar melakukan penanaman vegetasi yang pertumbuhan sampai puluhan tahun, yaitu beringin dan ketapang. Dan lainya.

“BNPB Pusat menangani 515 BPBD kabupaten/ kota Se – Indonesia. Jadi setiap anggaran yang ada didaerah harus bisa mengalokasikan anggaran, dioptimalisasikan penanganan bencana,” pesan Doni.

Pada pertamuan kali itu, juga diserahkan bantuan dari BNPB Pusat pada Gubernur, dan penghargaan dari anggota DPR RI Lisda Hendrajoni pada Dr. Andini. ( Rio)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional