Close

DLH Agam Mewanti-wanti Warga jangan Membuang Sampah Sembarangan

Arif Restu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Agam

Kepala Dinas lingkungan Hi­dup (DLH) Kabupaten Agam Arif Restu meminta kepada seluruh masyarakat Luak Aham tidak terkecuali pedagang agar tidak membuang sampah sembarangan. Sebab, hal ini akan berdampak terhadap lingkungan nantinya  “Saya menekankan bahwa pihaknya sudah menyediakan tong sampah di lokasi-lokasi yang sudah ditentukan,hendaknya masyara­kat dan para pedagang bisa membuang sampah tersebut di pos sampah yang sudah disediakan,” ujar Arif, Rabu (11/5).

Dkarakan Arif, terkait dengan kejadian buang sampah di aliran irigasi yang viral dimedsos tersebut, pihaknya menyayangkan atas perbuatan tersebut. Dan ini imbasnya kepada anggota di lapangan. Sebab banyak asumsi yang bisa diterima seketika sampah bertaburan di mana-mana.

Untuk itu lanjut Arif, berharap marilah bersama sama menjaga lingkungan ini. Ketika membuang sampah buang lah di tempatinya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan kelak.

Bayangkan kalau tumpukan sampah itu terus terjadi di aliran irigasi itu tentu akan mengundang banjir nantinya. Nah banjir ini akan berdampak kepada masyarakat sekitar, bisa bisa rumah masyara­kat akan roboh atau ternak peliharaan bahkan akan menelan korban jiwa kalau hal ini kita biarkan secara terus menerus

Arif menambahkan, kami memintak masyarakat selalu koperastif dan saling menjaga, kalau ada masyarakat atau pedagang yang membuang sampah sembarang mohon ditegur agar kita terbebas dari bencana nantinya pesan Arif

Ditambahkan Arif, karena ma­sa­lah sampah menjadi salah satu masalah lingkungan yang sampai saat ini masih sulit diatasi. Sebagai manusia adalah penghasil sampah. Namun, yang jadi masalah bukanlah sampahnya, melainkan perilaku orang yang membuang sampah tersebut tidak pada tempatnya.

Sampah terdiri dari kemasan makanan, puntung rokok, botol minuman bekas, hingga sisa makanan adalah sampah-sampah yang sering dilihat berserakan di lingkungan. Awalnya mungkin memang tampak sedikit, namun jika dibiarkan dan akhirnya menumpuk, kebiasaan ini akan membawa dampak buruk bagi lingkungan.

“Membuang sampah sem­ba­rangan akan mencemari lingkungan kita dan secara signifikan mengurangi penggunaan, kenikmatan dan nilai tempat-tempat umum kita. Hal ini membuat lingkungan tampak kotor dan tidak terawat dan membuat banyak orang jadi tidak nyaman,” ujar Arif.

Tak hanya masalah kenyamanan dan keindahan, sampah yang dibuang di jalan, di sisi jalan, atau di mana pun, dapat tersapu atau terhempas ke sungai dan aliran air lainnya, men­cemari tanah, saluran air, dan lingkungan yang ada di dalamnya.

Membuang sampah sem­barangan juga dapat mempermudah penyebaran pe­ny­a­kit. Membuang sampah sem­barangan dapat men­dorong penyebaran ha­ma dan penyakit. Sampah dapat menjadi tempat ber­kembang biaknya penyakit dan menyebarkannya melalui hewan yang memakannya. Jika sam­­pah menampung air, dapat menjadi sarang nyamuk yang dapat menyebarkan penyakit malaria mematikan.

“Bahan kimia beracun dan penyakit, yang menyebabkan mikroorganisme di tempat sampah, juga dapat mencemari sistem air dan menyebarkan penyakit yang terbawa air, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan hewan dan manusia jika air yang tidak bersih atau tidak diolah sebelum dikonsumsi,” ujar Arif. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top