Menu

Diusung Koalisi Partai Gerindra-PKB, H Maryanto-Yulisman Siap Menangkan Pilkada Pasbar

  Dibaca : 1226 kali
Diusung Koalisi Partai Gerindra-PKB, H Maryanto-Yulisman Siap Menangkan Pilkada Pasbar
FIT AND PROPER TEST— Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Pasbar H Maryanto dan Yulisman mengikuti fit and proper test di kantor DPW PKB Sumbar di Padang, akhir pekan lalu.

PASBAR, METRO
Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar), H Maryanto dan Yulisman telah mengantongi kursi yang cukup untuk melenggang ke Pilkada Pasbar. Tujuh kursi Partai Gerindra, ditambah dua kursi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), telah cukup sebagai syarat minimal 8 kursi untuk mendaftar ke KPU Pasbar dalam waktu dekat.

Setelah bulan lalu memastikan rekomendasi dari Partai Gerindra, akhir pekan ini, Maryanto-Yulisman juga mengikuti fit dan proper test yang digelar DPW PKB Sumbar.
Keduanya, juga hampir dipastikan mendapat rekomendasi dari partai yang didirikan KH Abdurrahman Wahid atau Gusdur itu.

“Alhamdulillah, kami bersama calon wakil Bupati Yulisman telah selesai mengikuti fit and proper test di DPW PKB Sumbar di Padang. Kami yakin, PKB juga akan mendukung pasangan dari ‘Utara’ dan ‘Selatan’ Pasbar ini,” kata Maryanto yang mengaku juga telah memiliki kesepakatan tertulis dengan Yulisman beberapa waktu lalu.

Maryanto memerkenalkan diri di PKB sebagai pejabat karir di BPD Sumbar atau Bank Nagari dan sekarang sudah mengakhiri pengabdian. “Saya putra asli Pasbar, tepatnya di bagian ‘Utara.’ Kalau pak Yulisman dari ‘Selatan’ jadi komposisi ini kami kira sudah cocok untuk maju di Pilkada. Istri saya juga orang dari bagian ‘Selatan’ Pasbar,” sebut Maryanto diamini Yulisman.

Maryanto mengatakan, PKB adalah partai yang mendapat tempat di Pasbar sebagaimana Gerindra. “Menariknya PKB memiliki basis yang banyak di Pasbar. Kader-kadernya sangat kuat dan kami rasa akan sangat mendukung kami di Pilkada. Kami juga berjanji akan mendukung program-program PKB di Pileg 2024 andai terpilih,” kata Maryanto yang dua pekan lalu juga telah berdiskusi dengan Ketua DPW PKB Sumbar Febby Dt Bangso.

Sementara itu Yulisman menambahkan, dia dua periode sebagai anggota DPRD Pasbar (2009-2014 dan 2014-2019), sangat mengerti kondisi Pasbar. Bahkan, pada Pilkada Pasbar 2015 lalu, dia sudah mengantongi rekomendasi dari PKB untuk maju sebagai calon Bupati. Namun karena sesuatu dan lain hal tidak sempat mendaftar ke KPU.

“Kali ini saya bersama pak Maryanto sangat yakin bisa memenangkan Pilkada Pasbar Desember 2020. Apalagi, saya sudah memiliki dukungan yang cukup kuat di bagian ‘Selatan’ tepatnya basis saya di Kinali. Ada sekitar 40 ribu wajib pilih yang akan kami maksimalkan di sana,” kata Yulisman yang siap menjadi kader PKB.

Soal dukungan partai, Maryanto-Yulisman sepakat saat ini cukup Gerindra dan PKB untuk efektifnya kerja dan pencalonan. “Sementara Gerindra-PKB saja dulu. Kami memang menjalin komunikasi dengan partai lain, tapi sepertinya sudah cukup. Karena pesan dari Gerindra tak perlu koalisi banyak-banyak,” kata Maryanto.

Sementara panelis fit and proper test PKB, Anggia Ermaini yang juga Wasekjen DPP PKB meminta kesiapan Maryanto-Yulisman lahir dan bathin dalam bertarung menghadapi Pilkada Pasbar. Apalagi, salah satu lawan yang akan dihadapi adalah incumbent Bupati saat ini. PKB sendiri, juga sudah menyiapkan tim untuk bertarung.

“Pasangan Maryanto-Yulisman ini kami harapkan mampu membantu mendongkrak penambahan kursi PKB di 2024 mendatang, andai terpilih. Jangan lupakan PKB, dan harus berkomitmen. Kami minta juga harus meningkatkan persiapan luar biasa. PKB harus bareng-bareng dengan Maryanto-Yulisman untuk lebih baik lagi ke depan di Pasbar,” katanya dalam ruangan yang berlatar foto Gusdur dengan tulisan ‘Ingat, PKB aku dirikan untuk rakyat. Maka tetaplah bersamanya — Abdurrahman Wahid’ itu.

Solid Dukung Maryanto-Yulisman
Dihubungi terpisah, Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar H Andre Rosiade mengakui, Gerindra telah memberikan restu kepada Maryanto sebagai calon Bupati Pasbar. Bahkan, komunikasi dengan Yulisman dan PKB, juga dalam pemantauan dan konsultasi dengan Gerindra.

“Kami dengar sudah oke, calon wakil Bupati pak Maryanto di Pasbar. Dalam waktu dekat kita akan keluarkan SK Gerindra dan menetapkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pasbar Maryanto-Yulisman. Kami yakin pasangan ini mampu memenangkan hati masyarakat Pasbar,” kata anggota DPR RI ini.

Andre juga telah melihat keseriusan Maryanto menyosialisasikan diri ke masyarakat dan juga siap membantu Gerindra tumbuh besar di Pasbar. “Koalisi Gerindra-PKB ini saya rasa sudah fiks dan oke. Kami juga sudah berkomunikasi dengan pak Datuk Febby (Ketua PKB Sumbar). Mari kita menangkan bersama-sama,” kata Andre lagi.

Ketua PKB Sumbar Febby Dt Bangso mengatakan telah melakukan silaturahmi dengan Maryanto sebagai calon yang elah mengantongi restu dari Gerindra. Artinya, PKB dan Gerindra merapat untuk memenangkan calon Bupati dan wakil Bupati Pasbar. Jumlah kursi yang cukup dan kandidat yang mumpuni, adalah kuncinya.

“Kami membicarakan bagaimana Pasbar ke depannya. Serta memastikan calon yang dianggap cocok untuk mendampingi Haji Maryanto memenangkan Pilkada. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Ketua Gerindra Sumbar Andre Rosiade. Tinggal melanjutkan proses sampai deklarasi dan pendaftaran saja,” kata Febby. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional