Menu

Diundang Kemenpora, Komunitas Breakdance Padang Kekurangan Dana

  Dibaca : 219 kali
Diundang Kemenpora, Komunitas Breakdance Padang Kekurangan Dana
Ilustrasi breakdance.

SUDIRMAN, METRO–Komunitas Breakdance Padang (KBP) mendapat undangan spesial dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam gelaran Indonesia Open X-Sports Championship (IOXC) X tahun 2018 yang digelar 28-30 September 2018 di Kabupaten Tangerang, Jawa Barat. Sayangnya, mereka kesulitan dalam menyiapkan dana keberangkatan.

Ketua KBP Rumzi menyebutkan, mereka akan berangkat 8 orang untuk mengikuti gelaran tersebut—tepatnya Indonesia Breakdance Championsip (IBC). Namun, dana yang dibutuhkan untuk biaya pulang pergi (PP) dan penginapan sangat besar. Karena itu, mereka berharap ada kepedulian dari pemerintah dan pihak swasta untuk mebantu mereka.

”Selama ini kami ikut iven ke luar kota atau keluar negeri pakai biaya sendiri. Jadi untuk hal ini kami butuh bantuan dari pemerintah untuk mengikuti acara yang dibuat oleh Kemenpora. Kami juga mengetahui Asisten Deputi Pengelola Olahraga Rekreasi Kemenpora, Teguh Raharjo juga telah mengirimkan surat yang sama kepada Pemprov dan Pemkab/Pemko,” kata Rumzi kemarin.

Surat itu, katanya, sudah dikirimkan kepada pemerintah daerah sejak 2019 lalu. Karena itu, anggota komunitas yang telah berdiri sejak 2002 ini berharap, pemerintah memberikan bantuan untuk mereka. ”Karena, Komunitas Breakdance Padang secara nasional sudah dikenal, bahkah internasional,” sebutnya.

Rumzi yakin, para peserta yang disiapkan bisa mendapatkan juara dan membawa nama baik Kota Padang sebagai kota wisata. Kota yang anak mudanya punya kreativitas yang tidak kalah dengan kota-kota lain. “Khusus untuk iven IBC besok, yang akan ikut adalah DJ-nya berasal dari Padang yang sudah malang melintang di berbagai iven di Indonesia,” katanya.

Rumzi menyebut, komunitasnya telah sukses dalam berbagai iven nasional atau internasional. Seperti di Kucing Sarawak Malaysia (R16 Korea Qualifier) 2014, Wildcard to Filipina di Malaysia 2015 (R16 Korea Qualifier), Redbull Bc 1 Malaysia 2015, Juara 1 Kratingdaeng Powerdance 2014 di Palembang, Juara 2 Breakbeat Vol 2 di Batam 2016, Top 8 FloorCombat di Malaysia 2013, Top 8 Karatingdaeng Powerdance se-Indonesia di Jakarta 2014, Top 12 The Final Throwdown Singapore 2016, Juara 2 KratingdaengPowerdance se-Sumbar 2013 dan lainnya.

Sementara dikutip dari surat Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Kemenpora akan menyelenggarakan IOXC X tahun 2018 pada 28-30 September 2018 di Kabupaten Tangerang, Jawa Barat. Mereka mengundang semua X-tremen Sport Community untuk berpartisipasi dalam kegiatan, BMX Flatland dan BMX Street, Inlineskate, Skateboar, Bboys Batlle, Freestyle Bakset dan Freestyle Football.

Sementara Asisten Deputi Pengelola Olahraga Rekreasi Teguh Raharjo telah mengirimi surat mohon dukungan kepada Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga di Provinsi dan Kabupaten Kota pada 19 Juli 2018.

Dalam surat diminta dukungan agar mengirimkan peserta perwakilan dari masing-masing Dispora untuk ikut serta dalam penyelenggaraan kegiatan. Agar dapat berlangsung lancar dan sukses. Peserta teridiri dari peserta dalam dan laur negeri 300 orang. (d)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional