Menu

Ditpolair Pastikan Kelayakan Kapal Lebaran

  Dibaca : 108 kali
Ditpolair Pastikan Kelayakan Kapal Lebaran
Foto ilustrasi kapal penumpang. (Dok: bengkelharga)

SUDIRMAN, METRO – Direktorat Kepolisian Perairan (Ditpolair) Polda Sumbar mengingatkan agar seluruh kapal angkutan untuk lebaran harus melakukan docking (pemeliharaan dan perawatan) kapal jika sesuai waktu yang diberikan. Hal ini dilakukan untuk memastikan semua kapal penumpang laik untuk beroperasi membawa pemudik,

Dirpolair Polda Sumbar, AKBP Soelistijono mengatakan, dari hasil pengecekan kesiapan kapal saat rapat beberapa waktu lalu, ada temuan dari inspektorat marinenya KSOP, satu kapal dari Mentawai Fast 01, yang tidak salah paling lambat tanggal 21 Mei saatnya docking.

“Saat rapat disampaikan kepada perwakilan kapal Mentawai Fast, dan diingatkan oleh KSOP agar dilakukan docking sebelum 21 Mei 2019. Pihak KSOP menekankan kepada perwakilan Mentawai Fast, diingatkan supaya saat pelaksanaan docking Mentawai Fast itu dilakukan sebelum tanggal 21. Dan itu sudah disanggupin nanti sebelum tanggal 21 sudah dilakukan docking,” kata AKBP Soelistijono.

AKBP Soelistijono menegaskan, jika tidak dilakukan docking sesuai dengan batas waktu yang ditentukan, dan tidak juga dilakukan pemeliharaan atau perawatan, maka pihak KSOP tidak akan mengeluarkan izin laut. Ini artinya, kapal tersebut tidak boleh beroperasional sampai persyaratan itu terpenuhi.

“KSOP kan sudah mengingatkan, jika abai maka tidak akan dikeluarkan SPB (surat persetujuan berayar). Jika tetap nekat, tentu akan ada sanksi yang lebih berat. Karena kelayakan kapal sangat penting karena berhubungan dengan banyak orang,” ungkap AKBP Soelistijono.

AKBP Soelistijono menjelaskan docking kapal ada yang berupa memang harus dilakukan perawatan kapal dengan naik ke galangan, ada juga docking yang hanya pengecekan seperti bodi kapal, mesin kapal dan sebagainya.

“Tidak hanya Mentawai Fast saja, kapal lain juga sudah dilakukan pengecekan. Hasil pengecekan sudah ready termasuk alat keselamatan, dan kesiapan kapal. Itu untuk menjamin keselamatan penumpang,” ungkap AKBP Soelistijono.

AKBP Soelistijono menegaskan pihaknya siap mengamankan arus mudik lebaran di perairan Sumbar. Personelnya bergabung dengan personel instansi terkait akan memonitor situasi di laut.

“Untuk wilayah Sumbar ini, ada tiga pelabuhan yang membawa masyarakat mudik di pelabuhan Muara, pelabuhan Bungus dan pelabuhan Teluk Bayur. Biasanya menjelang lebaran, jumlah penumpang kapal akan meningkat signifikan,” ujar AKBP Soelistijono.

Sementara itu, pemilik kapal Mentawai Fast, Rudi mengatakan kapal Mentawai Fast 01 sudah di docking, untuk pemeriksaan angkutan lebaran. Proses docking selama tiga hari untuk memastikan laik atau tidaknya kapal tersebut beroperasi.

“Sudah docking, hari ini turun malahan. Hari ini tidak melaut baru turun docking. Hari Senin turun ke laut untuk mengangkut penumpang,” ujar Rudi. (rgr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional