Close

Ditinggal Pemiliknya, Gudang Kayu Ludes Terbakar di Jalan Jambu Purus

PEMADAMAN— Petugas Damkar melakukan penyemprotan air untuk memadamkan api yang membakar gudang kayu di Jalan Jambu Purus, Kelurahan Ujung Gurun.

PADANG, METRO–Gudang kayu di Jalan Jambu Purus, Kelurahan Ujung Gurun, Kecamatan Padang barat ludes terbakar, Selasa dini hari (19/10). Tidak ada korban jiwa, namun kerugian material mencapai puluhan juta.

Dugaan sementara kebakaran terjadi karena kor­sleting listrik. Namun sampai saat ini, penyebab pasti kebakaran gudang kayu milik Riza Rikardi (43) itu masih dalam penyelidikan pihak Polsek Padang Barat.

Kepala Bidang Operasional Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang Basril mengung­kap, setelah menerima laporan kebakaran pukul 00.40 WIB,  pihaknya mengerahkan 10 unit armada dan puluhan personil menuju lokasi.

“Yang terbakar sebuah gudang, kondisinya habis terbakar. Api selesai dipadamkan sekitar pukul 03.45, tapi alhamdulillah tidak mengenai rumah pendu­duk lain,” ujarnya.

Dia menambahkan, ti­dak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Untuk penye­bab dan nilai kerugian material yang ditimbulkan, pihaknya menyerahkan kepada pihak kepolisian.

“Masyarakat kita imbau agar ekstra hati-hati. Pastikan listrik dalam ke­adaan mati ketika meninggalkan rumah, karena bisa saja terjadi korsleting dan memicu kebakaran,” sebut Basril.

Kapolsek Padang Barat AKP Martin menyampaikan, berdasarkan penyelidikan di lokasi kebakaran, diketahui bahwa gudang yang terbakar itu dalam keadaan tak berpenghuni dan sudah lama ditinggal pemilik.

“Dari keterangannya, Saksi Andi menyebut dia sedang berada di sebuah warung tidak jauh dari lokasi kebakaran. Tiba-tidak listrik mati, melihat kejadian tersebut saksi keluar dari warung dan melihat api sudah membesar di gu­dang kayu itu,” katanya.

Kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Kerugian materil diperkirakan Rp 30 juta. Menurutnya, kebakaran dipicu korsleting listrik. “Tapi penye­bab pastinya masih kita selidiki,” ujar Martin.

Sebelumnya, Senin ma­lam (18/10) sekitar pukul 20.00 kebakaran juga terjadi di Jalan Munahwarah Gadut RT 04 RW 01 Kelurahan Padang besi, Kecamatan Lubuk Kilangan. Satu unit gudang penyimpanan barang bekas dilaporkan juga ludes terbakar.

Diketahui, gudang ba­rang bekas tersebut milik Ernawari (49). Tidak ada korban, namun kerugian material dalam peristiwa kebakaran ini ditaksir mencapai Rp 5 juta.

“Korban jiwa nihil. Kerugian materil kurang lebih Rp 5 juta. Penyebab pasti kebakaran masih belum diketahui dan masih dalam penyelidikan,” kata Ka­polsek Lubuk Kilangan AKP Lija Nesmon. (rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top