Menu

Ditandai dengan Pemukulan Gong, TMMD ke-111 Limapuluh Kota Resmi Dibuka

  Dibaca : 337 kali
Ditandai dengan Pemukulan Gong, TMMD ke-111 Limapuluh Kota Resmi Dibuka
PEMBUKAAN—Wakil Gubernur Sumbar disaksikan Bupati Limapuluh Kota serta Kasrem dan Dandim 0306/50 Kota memukul gong tanda dimulainya TMMD ke -111 di Limapuluh Kota.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Mensejahterakan ma­syarakat melalui pemba­ngunan, baik bersifat fisik maupun non fisik serta me­mantapkan kemanunggalan, TNI Manunggal Mem­ba­ng­un Desa (TMMD/N) ke 111 Wilayah Kodim 0306/50 Kota resmi di buka, pada Selasa, (15/6) di Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Gubernur Sumatera Barat, Ir. Audy Joinaldy, SPt, MSc, M.m IP­M.ASEAN. Eng, Kasrem, Ko­lonel Inf Amrizen, S.E,.M.M, Kasiter Kolonel Kav Hus­nizon, S.I.P, Dandim 0306/50 Kota, Letkol. Kaf. Ferry Lahe, Forkopimda Kabupaten Li­ma­puluh Kota dan Kota Pa­ya­kumbuh, Kadis Pember­dayaan masyarakat dan desa (DPMD) Prov. A.n Drs. H. Syafrizal, M.M, Ketua TP PKK Limapuluh Kota, Ny. Nevi Safaruddin dan kepala OPD Limapuluh Kota serta para Insan Pers.

Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dalam sambutannya menga­takan, kegiatan TMMD ini menjadi momentum yang berharga dalam me­ningkat­kan kesejahteraan masya­rakat di Kabupaten Lima­puluh Kota.

TMMD merupakan salah satu program operasi bakti TNI yang dilaksanakan se­cara terpadu oleh TNI beker­jasama dengan Polri, kemen­trian, lembaga pemerintah non kementrian, pemerintah daerah dan komponen ma­syarakat diharapkan dapat meningkatkan akselarasi pembangunan di daerah guna meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik dan mandiri.

“Program TMMD/N ini merupakan wujud dari salah satu Nawacita Presiden Joko Widodo serta selaras de­ngan Visi Misi Kabupaten Limapuluh Kota dalam me­ningkatkan pembangunan infrastruktur, untuk kese­jahteraan masyarakat, serta memantapkan wawasan ke­bang­saan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ungkapnya

Bupati Safaruddin men­jelaskan, sasaran pokok TM­MD ke 111 Tahun 2021 ini terdiri dari kegiatan fisik dan Non fisik, diantaranya mem­buka jalan sepanjang 9 KM dengan lebar 12 M yang menghubungkan Nagari Ta­lang Maur Kecamatan Mung­ka dengan Nagari Maek Ke­camatan Bukit Barisan serta melakukan kegiatan yang bersifat non fisik, seperti penyuluhan, pelayanan ser­ta pemberian bantuan bibit dan benih.

Dimasa pandemi Covid 19 ini, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo berharap, TMMD Kabupaten Limapuluh Kota juga dapat dijadikan sarana untuk men­so­sialisasikan dan menge­dukasi masyarakat tentang bahaya Covid 19 serta mela­kukan upaya upaya pence­gahan.

“Sesuai dengan tema TMMD/N yaitu wujud sinergi membangun negeri, akan dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi seluruh stakeholder untuk membantu pe­me­rintah dalam percepatan pembangunan di Limapuluh Kota,” ulasnya.

Dalam sambutannya s­e­kaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Ir. Audy Joinaldy me­ngatakan, kegiatan TNI Ma­nung­gal Membangun Desa merupakan kolaborasi yang luar biasa dan secara nyata dapat meringankan beban masyarakat dan pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan dan pember­dayaan masyarakat

“Terimkasih TNI. TMMD sangat membantu dalam membuka keterisoliran ma­sya­rakat. Mudah mudahan akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya Wakil Gubernur Su­matera Barat itu.

Sementara itu, Laporan Dansatgas TMMD ke 111 Kodim 0306/50 Kota, Letkol. Kaf. Ferry Lahe, dalam sam­butannya mengatakan, tu­juan dari TMMD ini ialah membantu pemerintah da­lam meningkatkan kesejah­teraan melalui pemba­ngu­nan baik fisik maupun non fisik, dan memantapkan ke­ma­nunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menyiapkan ruang, alat, dan kondisi yang kondusif bagi terwujudnya stabilitas kemanan daerah.

Dengan melibatkan 150 orang personil satgas, sasa­ran fisik TMMD  membuka jalan sepanjang 9 KM dengan lebar jalan 12 M, pema­sa­ngan gorong gorong 5 titik, pemasangan batu penge­daman disepanjang  titik rawan longsor sebanyak 9 titik, serta sasaran tambahan dengan pembuatan RLH se­banyak 9 unit. Sementara untuk sasaran Nonfisik yaitu memberikan penyuluhan, sosialisasi serta pembekalan pada masyarakat. “Kegiatan TMMD/N ini akan dilak­sa­nakan dari tanggal 15 Juni sampai dengan 14 Juli 2021,” ulas Letkol. Kaf. Ferry Lahe. (uus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional