Menu

Distan Prediksi Permintaan Hewan Kurban 6.000 Ekor, Satu Ekor Sapi Kurban Rp16 Juta

  Dibaca : 58 kali
Distan Prediksi Permintaan Hewan Kurban 6.000 Ekor, Satu Ekor Sapi Kurban Rp16 Juta
Syahrial Kamat Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kota Padang

AIAPACAH  METRO–Hari Raya Idul Adha tidak lama lagi. Jumlah hewan yang di­kurbankan masyarakat pada Idul Adha tahun ini diprediksi cenderung meningkat dengan tahun kemarin.

Peningkatan ini disi­nyalir karena mulai mem­baiknya ekonomi ma­syarakat. Kepala Di­nas Pertanian (Distan) Kota Padang, Syahrial Kamat mengatakan, ta­hun lalu, jumlah sapi kurban adalah sebanyak 6.239 ekor sapi, 1 ekor kerbau dan 813 ekor kambing.

“Tahun ini kita prediksi meningkat 10 persen atau minimal sama,” ujar Syah­rial Kamat, Kamis (10/6).

Dikatakan, saat ini stok sapi mencukupi. Semua sapi-sapi itu ada dikandang peternak sendiri. Namun ada pada kandang kan­dang toke jawi. Mereka mem­belinya dari luar daerah. Seperti Lampung, Pesisir, Bukittinggi dan daerah pemasok lainnya.

“Stok sapi masih cukup,” kata Syahrial.

Dalam menyambut Idul Adha, Distan beren­cana akan mengundang pengurus masjid dan mu­shalla. Mereka akan diberi sosialisasi tentang hewan kurban. “Pekan depan su­dah kita undang para pe­ngurus masjid dan mu­shalla. Sekaligus kita me­ninjau sapi-sapi yang ada dikandang toke dan pe­ternak,” katanya.

Saat ini, satu ekor sapi kurban, saat ini dibandrol dengan harga Rp16 juta sampai Rp20 juta. Se­men­tara kambing adalah se­kitar Rp2,5 juta. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional