Close

Dispora Sumbar Pusatkan Pelatihan 30 Calon Paskibraka, Wagub Audy: Negeri ini Membutuhkan Sosok Pemuda Berkualitas

SALAMI—Wagub Sumbar Audy Joynaldi menyalami sebagian dari 30 orang calon Paskibraka Sumbar yang mengikuti pemusatan latihan.

PADANG, METRO–Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar  pusatkan pelatihan ­30 orang Calon Pasukan Pe­ngibar Bendera Pusaka (Pas­kibraka)  di UPTD Balai Kesehatan Olahraga Ma­sy­arakat (BKOM dan Pel­kes) Sumbar, 1 -19 Agustus 2021.

Pelatihan tersebut dibuka Wagub Sumbar Audy Joinaldy, Selasa (3/8). Da­lam kesempatan tersebut Wagub mengatakan, Pas­kibraka merupakan orang-orang pilihan yang telah melalui jenjang seleksi yang ketat. “Selamat kepada semua yang telah terpilih menjadi anggota Paskibraka,  yang merupakan prestasi dan kehormatan tersendiri, karena kalian adalah siswa siswi terpilih, mempunyai talenta, kepribadian, kemampuaan dan kecerdasan di atas standar pelajar lainnya,” kata Audy.

Disampaikan Wagub, selamat datang kepada calon  Paskibraka Sumbar 2021, yang berasal dari kabupaten dan kota untuk mengikuti pelatihan.  “Ka­mi bangga terhdap adik-adik yang telah terpilih dari siswa SLTA se Sumatera Barat, mampu menjadi terdepan untuk mempersiapkan diri mengikuti proses,” ucap Audy.

Dikatakan Audy, pendidikan dan latihan dalam mendorong detik-detik Kemerdekaan HUT RI ke -76.  Begitu banyak tahapan yang adik-adik lalui, sehingga terpilih menjadi Calon Peserta Paskibraka Sumbar 2021.  “Maka saya himbau agar adik-adik me­ngikuti latihan atau pembekalan dengan  sungguh-sungguh, karena kegiatan ini akan memberi penga­ruh besar untuk perub­a­han sikap, perilaku dan integritas menjadi tim yang solid. Sehingga nantinya mampu bersama-sama melaksanakan tugas me­­ngibarkan dan menurunkan dengan baik pada tanggal 17 Agustus 2021 nanti,” ujar Audy.

Tanpa disadari, sudah banyak tokoh- tokoh di negeri ini yang tumbuh menjadi pemimpin yang berasal dari Paskibraka, maka dari itu diminta calon bersunguh-sungguhlah mem­persiapkan diri menjadi pemimpin yang berka­rakter, mandiri, disiplin dan tegas mengambil keputusan dan bertanggung ja­wab.

Disampaikan, banyak manfaat yang dapat dipe­roleh anggota Paskibraka, di antaranya menjadi lebih disiplin, tepat waktu, fokus pada apa yang dikerjakan, lebih percaya diri, kompak, memupuk jiwa korsa dan cinta tanah air. “Agar kelak adik-adik ini akan menjadi pemuda pemimpin bangsa yang diharapkan melanjutkan pembangunan untuk masa depan.  Mengapa demikian?  Hari ini dan masa depan negeri ini membutuhkan sosok pemuda-pemuda yang ber­kualitas dan mampu menjadi pemuda maju berwawasan internasional,” ha­rap Audy.

Dewasa ini bangsa di­hadapkan dengan ber­ba­gai masalah yang menghambat langkah, terutama di kalangan pemuda.  Ba­nyak pemuda yang terpengaruh dengan perilaku me­nyimpang, antara lain Nar­koba, LGBT, mabuk-mabukan, pergaulan bebas, ra­dikalisme, tawuran dan sebagainya. Perlu bekerja keras bersama-sama di kalangan memeranginya, terutama pemuda.

Selanjutnya pada ke­sempatan itu, Wagub meminta kepada Pembina, Pelatih dan Panitia dapat bersinergi melaksanakan tugas sehingga proses pembekalan berjalan lancar dan sukses serta selalu patuh dengan prokes kesehatan untuk memutus rantai penularan Covid-19.

Panitia pelaksana, Kadis Pemuda dan Olahraga Sumbar Drs Bustavidia MM mengatakan, peserta calon Paskibraka berasal dari utusan18 kabupaten dan kota, minus Kabupaten Kepulauan Mentawai. Dije­laskan, sementara dalam seleksi tingkat Nasional, Provinsi Sumbar berdasarkan jumlah kuota yang diminta panitia calon Paskibraka Nasional sebanyak 2 orang (1 putera dan puteri-red), telah mengirim.

“Untuk Sumbar kita su­dah mengirim ke tingkat na­sional dan sudah berang­kat  tanggal 25 Juli 2021 kema­rin. Putera bernama M Bimantara Widyanto dari Ko­ta Payakumbuh dan puteri bernama Flora Flecia Tan­jung dari Kabupa­ten Pe­sisir Selatan,” jelas Bustavi­dia.

Sementara, untuk ting­kat Provinsi Sumbar diambil 30 orang, 16 putera dan 14 puteri, hanya daerah Kabupaten Kepulauan Men­tawai yang tidak mengirim calon Paskibraka. “Kami berharap, adik-adik sebagai orang pilihan Pas­kibraka memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya, mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI  17 Agustus di halaman Istana Gubernuran,” ujar Bustavidia. (boy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top