Menu

Dispora Padang Gelar Seleksi Peparpeda, Disabilitas Aset Bangsa yang harus Diberdayakan

  Dibaca : 282 kali
Dispora Padang Gelar Seleksi Peparpeda, Disabilitas Aset Bangsa yang harus Diberdayakan
SELEKSI—Para penyandang disabilitas mengikuti seleksi Peparda di GOR Agus Salim Padang.

PADANG, METRO–Walikota Padang Hendri Septa gelar seleksi Pekan Paralympic Pelajar Daerah (Peparpeda) untuk penyan­dang anak berkebutuhan khusus (ABK) di GOR Agus Salim Padang, 2-3 Juni.  Ka­rena kelompok disabilitas  merupakan  aset bangsa yang perlu dikembangkan   dan   diberdayakan. harkat   dan martabat  fisik   serta mental mereka.

“Karena ada anggapan  disabilitas merupakan aib, kutukan dan memalukan sehingga membuat  ke­luarga  menjadi tidak   ter­buka   mengenai   anggota   keluarganya yang  memiliki  disabilitas. akibatnya pe­nyandang disabilitas  tidak  mendapat  hak  dan  ke­sempatan yang  sama  se­perti  warga  masyarakat  lainnya terutama dalam kesempatan olahraga,” ujar Hendri Septa, kemarin.

Maka, tak pelak lagi pe­nyan­dang disabilitas disa­makan dengan orang sakit, yang tidak  berdaya, se­hingga tidak  perlu dibe­rikan pendidikan dan    pe­kerj­aan, mereka cukup di­kasihani dan diasuh untuk kelangsungan hidupnya.  Sementara kelompok disa­bilitas merupakan  aset bangsa yang perlu dikem­bangkan dan diberda­yakan. harkat   dan mar­tabat  me­reka  harus  diang­kat.

Keterbatasan fisik   dan   mental   mereka   harus   ditingkatkan demikian  juga  kesehatan,  kebugaran,  dan  gairah hidupnya.  Salah satunya melalui olah­ra­ga. melalui  olahraga  penyan­dang  disabilitas  dapat me­ngangkat  harkat dan  marta­bat dirinya. Melalui olahraga kepercayaan diri dan se­mangat  hidupnya    akan  tumbuh.    Sehingga mereka  dapat  melupakan  kekura­ngan  fisik  dan mental yang mereka   alami.   Melalui olahraga mereka  juga  da­pat berprestasi mengha­rum­kan nama ke­luarga, da­er­ah, bangsa   dan   negara sebagaimana war­ga negara yang normal lainnya baik ditingkat     da­erah, nasio­nal, maupun in­ternasional.

Peparpeda yang  dise­lenga­rakan  tingkat  Kota  Padang ini merupakan satu kesatuan yang tidak   terpi­sah­kan dari system pembi­naan olahraga se­cara   na­sio­nal. Dimana sebelum   ke tingkat   yang   lebih   tinggi   atlet paraly­mpic akan ber­saing di ting­kat kota untuk menjadi yang   terbaikdi   masing-masing cabang   yang di­­lom­­bakan. Setelah   itu mereka  akan  mewakili  kota  ke tingkat  Provinsi Sumbar. Jika  ter­baik  di  tingkat  provinsi maka   me­reka akan   me­wa­kili Sum­bar ke na­sional.

Mudah-mudahan  ada  atlet  paralympic  yang  ikut seleksi   di   Peparpeda ini menjadi yang terbaik di tingkat nasional.  Perlu    diketahui    untuk    mencip­takan    prestasi olahraga    tak    terlepas    dari    unsur-unsur  pelaku olahraga itu sendiri, pelatih dan atlet serta sarana dan prasa­rana yang tersedia. Ke­mudian, ketersediaan dana untuk mendukung prestasi d.pengurus Cabor, du­ku­ngan dari keluarga  dan dukungan dari pemerintah daerah. Unsur tersebut saling berkaitan dan  men­dukung  sehingga  prestasi  puncak  yang diharapkan akan tercapai. (boy)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional