Close

Disperindagkop Gelar Sosialisasi Pengembangan UMKM di Sawahlunto

SOSIALISASI— Disperindagkop Sawahlunto melakukan sosialisasi pengembangan usaha UMKM dengan jaringan kemitraan usaha ritail Transmart Padang.

SAWAHLUNTO, METRO–Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) me­nyelenggarakan Sosia­lisasi Pengembangan U­sa­ha UMKM Dengan Ja­ringan Kemitraan. Untuk mendukung peningkatan pemasaran produk UM­KM di Balaikota, Selasa (21/9). Jaringan kemitraan yang digandeng untuk bekerjasama dengan UMKM Sawahlunto tersebut adalah PT. Trans Retail Indonesia yang merupakan pengelola Trans­mart Padang.

Walikota Sawahlunto Deri Asta yang membuka kegiatan sosialiasi itu me­ngatakan, Pemko Sawah­lunto sesuai salah satu misinya yakni peningkatan kesejahteraan ma­syarakat melalui pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis ekonomi kreatif melakukan berbagai upaya dalam membantu produksi maupun pema­saran dari UMKM.

“Pemko Sawahlunto membantu pemasaran produk UMKM melalui berbagai cara. Sekarang ini dicoba juga menyentuh bidang jaringan kemitra­an/retail yakni bersama PT. Trans Retail Indonesia. “Kita hadir menjembatani pelaku UMKM kita untuk bermitra dengan TransMart, langkah awalnya kita satukan persepsi an­tara pelaku UMKM kita dengan pihak TransMart melalui sosialisasi ini,” ujar Deri.

Untuk mendukung pe­laku UMKM bermitra de­ngan Transmart, Walikota Sawahlunto Deri Asta me­ngarahkan Disperin­dag­kop untuk lebih intensif dalam melakukan pendampingan dan pembinaan.

Sementara, General Manager (GM) TransMart Padang, Yudi Siswanto mengatakan,  pihaknya bersedia bermitra dengan UMKM Sawahlunto dalam menyuplai produk di ja­ringan kemitraannya asalkan memenuhi Standar Operasi Prosedur (SOP) yang ditentukan untuk menjaga mutu produk.  “Dalam sosialisasi ini kami mengekspose terutama tentang SOP produk yang dapat kami terima sampai bagaimana prosedur agar bisa bermitra dengan ka­mi. Silahkan setelah UM­KM Sawahlunto dapat me­menuhi ketentuan – ketentuan tersebut, kami siap menerima, silahkan datang mengurus tindak lanjutnya,” kata Yudi.

Dari Disperindagkop, seperti yang disampaikan Kadisperindagkop Mukhsis melalui Kabid Perdagangan, Tatang Sumarna, untuk menindaklanjuti pro­gram kemitraan UM­KM Sawahlunto dengan PT. Trans Retail Indonesia ini akan membentuk tim untuk mengkoordinir pelaku UMKM Sawahlunto yang berpeluang untuk dapat menyuplai pro­duk­nya ke TransMart Pa­dang.

“Ada yang kita lakukan dalam membantu UMKM Sawahlunto ini meningkatkan mutu produk dan pema­saran sehingga bisa tembus ke pasar retail, yakni Transmart Padang. Itu nanti teknisnya akan dilaksanakan oleh tim yang segera kita bentuk,” kata Tatang. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top