Close

Disparpora Limapuluh Kota, Targetkan Kunjungan Wisatawan ke Lembah Harau 370 Ribu Orang

Desri Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraha

LIMAPULUH KOTA, METRO–Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Lima­puluh Kota menargetkan jumlah kunjungan Wisa­tawan yang datang ke Objek Wisata Lembah Harau pada tahun 2023 ini mencapai 370 ribu orang wisatawan.  Dari jumlah 350 ribu orang  diantara­nya merupakan Wisa­ta­wan dari Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat serta sisanya wisatawan dari Luar Provinsi Suma­tera Barat termasuk wisa­tawan mancanegara (Wisman).

Dari jumlah target wisa­tawan itu, Disparpora menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai 3,5 M dengan biaya karcis Rp. 5.000. hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga  Kabupaten Limapuluh Kota, Desri Imam, Rabu (25/1).

“Untuk tahun 2023 kita menargetkan jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Objek Wisata Lembah Harau mencapai 370 ribu orang wisatawan, dari jumlah itu 350 ribu o­rang  diantaranya merupakan Wisatawan dari Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat,” sebut Desri.

Ia juga menambahkan, untuk target wisa­tawan mancanegara (Wisman) sebanyak 1000 orang. Dari target 370 ribu orang wisatawan pada tahun 2023 itu diharapkan PAD mencapai 3,5 M. “Dari target wisatawan 370 ribu orang itu kita menargetkan PAD mencapai 3,5 M,” ucap Mantan Kepala Dinas Pendidikan itu.

Untuk mencapai target tersebut Desri menyebutkan pihaknya akan me­ngencangkan Promosi, kerjasama dengan ber­bagai agent travel yang ada di Indonesia, termasuk membenahi Lembah Ha­rau.

“Untuk mencapai target tersebut kita akan mengencangkan Promosi, kerjasama dengan ber­bagai agent travel yang ada di Indonesia, termasuk membenahi Lembah Harau, yakni pembuatan taman bermain yang di­lengkapi wisata air di Kawasan Sarasah Bunta de­ngan dana bantuan 8 M dari Provinsi,” tambah mantan sekwan itu.

Sementara pada ta­hun 2022 lalu jumlah wisa­tawan yang datang/ber­kunjung ke Lembah Harau mencapai 270.790 orang wisatawan yang didominasi oleh wisatawan Lokal dari Sumatera Barat di­susul dari Provinsi Riau, Jambi, Sumut dan Jakarta.

Adi (30) seorang pe­ngunjung dari Kabupaten Limapuluh Kota berharap pengelolaan Objek Wisata kebanggaan warga 50 Kota itu bisa lebih kedepannya, sebab kini wisa­tawan tak hanya melirik Lembah Harau untuk di­kunjungi, saat ini ada ba­nyak pilihan tempat wisata di Kabupaten Limapuluh Kota, diantaranya Kapalo Banda Taram (WAKANDA), Waterpark Batang Tabuk, Sikabu-kabu dan lainnya.

“Dinas Pariwisata, pe­tugas loket dan lainnya harus berbenah diri, ciptakan kenyamanan pe­ngunjung, sebab pilihan wisata di Kabupaten 50 Kota makin banyak, ada Kapalo Banda, Water Park Batang Tabik. Pelaku wisata lembah Harau harus tingkatan pelayanan, ramah tamah.” Ucap pria yang datang bersama pujaan hatinya itu. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top