Menu

Disnakerin Kota Padang Latih Puluhan Pencaker Keterampilan Menjahit dan Tata Boga

  Dibaca : 61 kali
Disnakerin Kota Padang Latih Puluhan Pencaker Keterampilan Menjahit dan Tata Boga
SAMBUTAN—Kadisnakerin Padang Suardi memberikan sambutan saat pembukaan pelatihan menjahit dan tata boga di Palanta Rumah Dinas Walikota Padang.

PADANG, METRO–Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Padang gelar pelati­han ketrampilan untuk ang­katan pencari kerja di Kota Padang. Pelatihan tersbut tediri dari pelatihan menjahit angkatan 2 dan 3 serta pelatihan tata boga angkatan 1  dan 2. Pelatihan ini dibuka Ketua TP PKK Kota Padang Ny Genny Putrinda Hendri Septa, Se­nin (30/8/2021).

Dikatakan Ny Genny, pelatihan untuk mening­katkan ketrampilan kerja bagi pencari kerja di Kota Padang, sehingga mereka bisa membuka lapangan kerja sendiri. Sekian itu dengan kemampuan kom­petensi yang telah mereka miliki akan juga bisa be­kerja dengan orang lain, sebagai karyawan.

Karena, pada saat kini persaingan kerja baik me­ngisi pasar kerja dalam negeri maupun luar negeri semakin ketat. Maka de­ngan pelatihan kompetensi kerja ini mereka bisa me­ngembangkan kualitas S­DM mereka bersaing men­cari kerja.

Menurut data Sakernas BPS melannlsir, angkatan kerja di Kota Padang ber­jumlah 476.663 jiwa, yang terdiri dari yang bekerja sebanyak 411.649 jiwa. Se­dangkan, yang mencari pekerjaan sebanyak 65.014 jiwa, di mana sebagian besar tidak memiliki ke­mam­puan.

Kadis Nakerin Padang Suardi SH MHum mengat­kan, mewabahnya virus Covid 19 sehingga pe­ng­ang­­guran di Kota Pa­dang tahun 2020 semakin me­ningkat 13, 64 persen atau 55.014 orang. Karena se­mua sektor pereko­no­mian yang menyerap te­naga kerja terdampak pan­demi Covid-19.

“Maka dengan pela­tihan ini bisa meningkatkan keterampilan kerja bagi pencari kerja di Kota Pa­dang, sehingga di samping mencari lowongan kerja mereka juga berwira usaha sendiri,” ujar Suardi.

Dikatakan Suardi, pe­latihan ini diikuti 31 orang  pelatihan menjahit untuk angkatan 2 dan 3. Ke­mu­dian, pelatihan tata boga 32 orang untuk angkatan 1 dan 2. Peserta merupakan Pencaker yang berasal dari beberapa kecamatan di Kota Padang, terutama dari Kecamatan Koto Tangah.

Untuk mencapai stan­dar kompetensi peserta pelatihan menjahit dilak­sanakan selama 35 hari atau selama 200 jam pela­jaran. Sedangkan, pelati­han tata boga dilaksa­na­kan selama 17 hari atau 150 jam pelajaran.  Pelatihan ini dilaksanakan, 1 September hingga 7 Oktober 2021. Pelatihan tata boga dilak­sankan di LPK Royal College Asia dan pelatihan menjahit dilaksanakan di LPK Anggrek serta LPK Laila. (boy)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional