Menu

Diskusi Terbuka Pengembangan Pariwisata, Perlu Melibatkan Pihak Ketiga

  Dibaca : 89 kali
Diskusi Terbuka Pengembangan Pariwisata, Perlu Melibatkan Pihak Ketiga
DISKUSI —Disparpora Kota Sawahlunto melaksanakan diskusi terbuka untuk pengembangan sektor pariwisata.

SAWAHLUNTO, METRO
Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Sawahlunto melaksanakan diskusi terbuka dengan para tokoh masyarakat Kota Sawahlunto dan insan pers, terkait pengembangan pariwisata di Kota Sawahlunto, Rabu (5/5).

Kadis Parpora Nova Erizon menjelaskan, kondisi pariwisata Sawahlunto yang saat ini membutuhkan ide-ide kreatif dan inovatif dari masyarakat untuk mengembangkan potensi pariwisata. Sehingga lebih menggeliat lagi di tengah kondisi pandemi dan keterbatasan anggaran yang disediakan APBD untuk OPD Pariwisata.

“Apa poin-poin utama yang perlu menjadi acuan untuk pengembangan wisata kita, dilihat dengan dana terbatas sebesar Rp60 miliar untuk mengelola semua objek wisata. Kami berharap ada ide yang bisa membantu OPD Parpora dalam segi pendanaan, misalnya berupa link investor untuk pariwisata Sawahlunto,” kata Nova.

Dalam kesempatan tersebut banyak muncul ide dari yang hadir untuk membantu pariwisata Sawahlunto. Salah satu ide dengan melibatkan HIPMI dan juga melibatkan pihak ketiga dalam mengelola pariwisata yang di bawah Pemko, juga mengadakan even even yang berskala provinsi dan membuat tugu Unesco.

Salah seorang tokoh masyarakat Fauzi Hasan yang juga mantan Wakil Walikota periode 2008 – 2013 yang juga hadir menyebutkan, bahwa pimpinan daerah harus berkerja keras bersama OPD yang ada untuk saling berkerjasama dalam peningkatan dunia pariwisata Sawahlunto.

“Semua OPD ini kalau dapat muara pemikirannya pariwisata, sehingga termotivasi untuk memperkenalkan wisata Sawahlunto. Kita harus mengetahui market dari pariwisata Sawahlunto sehingga bisa melakukan promosi dengan benar, berkerjasama dengan pers untuk membantu pemberitaan dan informasi,” ujar Fauzi.

Selain itu laksanakan training untuk tour guide agar banyak membuka lapangan kerja bagi masyarakat. Sebab pengembangan pariwisata mempunyai multi efek dan pengaruh yang kuat untuk bisa meningkatkan perekonomian warga. (pin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional