Menu

Diskusi Publik Tentang Pendidikan di Agam, Novi Irwan: Perlu Terobosan, Masukan dan Saran

  Dibaca : 63 kali
Diskusi Publik Tentang Pendidikan di Agam, Novi Irwan: Perlu Terobosan, Masukan dan Saran
DISKUSI PUBLIK— Ketua DPRD Agam Novi Irwan membuka diskusi publik pendidikan di Agam.

AGAM, METRO–Dalam merancang Pe­raturan Daerah Badan Pem­bentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DP­RD Agam mengimpun se­jumlah komponen pe­me­rin­tah dan masyarakat di Aula Utama DPRD Agam, Kamis (9/9).

Dalam kesempatan ter­sebut hadir Ketua DPRD Agam Novi Irwan, Ketua Bapemperda DPRD Agam Zulhendrif Bandaro Labiah, anggota Bapemperda Mar­disal Atan, Epi Suardi, Dan ketua Bundo Kanduang Rosmiati.

Juga hadir Kepala Kesbagpol Yunilson, Kadis Pendidikan dan Kebuda­yaan Agam, Isra, Kasubag Tata Usaha Kemenag A­gam Kamiri, Kabag Kesra Surya Wendri, Dewan Pendidikan, unsur PWI Agam dan pihak terkait lainnya juga turut serta dalam aca­ra tersebut. Lebih lanjut, dalam diskusi publik ini juga melibatkan jajaran Kanwil KemenKumham Sumbar.

Mengawali sekaligus membuka acara diskusi publik ini, Ketua DPRD Agam Dr Novi Irwan ma­nyampaikan, harapan te­robosan yang dilakukan dalam kegiatan ini dapat mengimpun masukan dan saran dalam pembuatan Perda tentang Penyelenggaraan Pendidikan. “Mu­dah-mudahan masukan yang diperoleh dapat menjadi bagian pembahasan selanjutnya tentang materi tersebut,” kata Novi.

Tentunya Perda yang dilahirkan bermanfaat bagi masyarakat dan semua komponen terkait dalam penyelenggaraan pendidikan di masa selanjutnya.

Ditambahkan, Ketua Bapemperda DPRD Agam Zulhendrif Bandaro Labiah bahwa, momen ini merupakan agenda yang menghimpun informasi dan masukan yang diperlukan dalam membantu DPRD Agam bersama Kanwil Kum­ham Provinsi Sumbar dalam merumuskan Naskah Akademik Rancangan Perda tentang pengelolaan pendidikan. “Ranperda yang akan dilahirkan merupakan ranperda inisiatif DPRD Agam tentang pe­nyeleng­garaan pendidikan di A­gam,” tambah Zulhendrif.

Karena itu sebelumnya dilakukan pertemuan de­ngan sejumlah pihak terkait dalam memudahkan pembahasan lebih lanjut tentang penyelenggaraan pen­didikan.

Setidaknya dari masukan yang ada dapat dijadikan acuan dalam penyusunan rancangan peraturan daerah tentang penyelenggaraan pendidikan nantinya. “Ini sejarah baru dan diharapkan bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten Agam di masa selanjutnya,” kata Zulhendrif.

Tim Kantor Kementerian Hukum dan HAM Sumbar Yeni Neli Ikhwan menjelaskan, bahwa pihaknya bersama Tim lainnya telah melakukan sejumlah rangkaian kegiatan bersama jajaran Bapemperda DPRD Agam guna merumuskan Naskah Akademik Rancangan Perda Kabupaten A­gam Tentang Penyelenggaraan Pendidikan.

“Dalam merumuskan Naskah Akademik Ranperda inisiatif tersebut dilakukan penelitian hukum dan research di masyarakat, Teknik pengolahan data juga didasarkan diskusi publik yang melibatkan berbagai instansi terkait dan unsur masyarakat”. Jadi diharapkan dari metode yang dilakukan melahirkan Perda yang sesuai dengan kondisi masyara­kat dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tutup Yeni. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional