Menu

Diskop UKM Sumbar Gelar Workshop Tingkatkan Kapasitas Usaha Koperasi

  Dibaca : 69 kali
Diskop UKM Sumbar Gelar Workshop Tingkatkan Kapasitas Usaha Koperasi
WORKSHOP— Dinas Koperasi UKM Sumbar gelar workshop peningkatan kapasitas usaha koperasi di sektor pertanian dan perkebunan.

BUKITTINGGI, METRO–Dinas Koperasi UKM (Diskop UKM) Sumbar me­laksnaakan workshop pe­ningkatan kapasitas usaha koperasi sektor pertanian dan perkebunan dengan tema penataan manajemen dan perluasan akses pasar bagi koperasi/ anggota. Work­shop ini berlangsung selama 2 hari, 8-9 September 2021.  Dan Workshop dibuka Wakil Walikota Bukittinggi, Marfendi di Grand Rocky Hotel Bukittinggi, Ra­bu (8/9).

Kadis Koperasi UKM Sum­bar Nazwir mengatakan, sektor pertanian dan perkebunan dinilai masih potensial untuk dikembangkan sebagai upaya pertumbuhan ekonomi untuk Pro­vinsi Sumbar. Sektor pertanian dan perkebunan menjadi sektor yang strategis untuk pemulihan ekonomi 2021. Sehingga perlu bagi Pemprov serta Pemkab dan Pemko untuk mengoptimalkan seluruh program dan kegiatan di sektor tersebut.

Nazwir mengatakan, ke­giatan workshop ini diselenggarakan berkat bantuan anggota DPRD Sumbar Ri­naldi, dari segi pendanaan, sehingga kegiatan bisa berjalan dengan baik. Apalagi Bukittinggi dan Agam adalah daerah konstituen beliau. Ini adalah bentuk perhatian beliau kepada masyarakat sekaligus ajang menjaring aspirasi masyarakat

Peserta workshop kali ini adalah kelompok tani sektor pertanian dan perkebunan, termasuk kelompok ternak. Diharapkan dari kelompok sejenis yang berkumpul dapat terbentuk koperasi, agar sejenis usahanya dan sejenis kegiatannya. Sehingga lebih gampang diurus ko­perasi. Dengan sejenisnya usaha koperasi maka ko­perasi diharapkan benar-benar hadir di tengah-tengah anggotanya.

“Koperasi bisa bekerja dari hulu hingga ke hilir, mulai dari mencari bahan baku hingga akhirnya memasarkan. Pemerintah pun akan lebih mudah memfasilitasi dan mengadakan pe­rikatan dengan pihak lain untuk mengembangkan koperasi tersebut. Ujungnya timbullah kegiatan saling menguntungkan,” jelas Naz­wir.

Sementara, Wakil Wali Kota Bukittinggi Marfendi menyambut, dengan baik acara peningkatan kapasitas ini yang difasilitasi oleh anggota DPRD provinsi Sumbar. Marfendi sepakat sektor pertanian perlu digalakkan kembali masyarakat, perlu masyarakat merasa senang bertani dan meningkat pen­dapatannya. Kemudian pen­dapatannya dikembangkan dengan adanya koperasi.

Menurut Marfendi saat ini kreativitas sangat dibutuhkan, terutama dalam masa pandemi. Karena itu Mar­fendi berharap koperasi tidak saja hanya mengurus anggotanya saja tapi juga ikut memikirkan inovasi i­novasi pertanian yang bisa dipakai oleh para petani. “Apalagi dengan kebersamaan maka diharapkan berkah Allah akan datang kepada kita,” ujar Marfendi. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional