Menu

Diskominfo dan BPS Sambangi Kelurahan Kapalo Koto Dibalai

  Dibaca : 99 kali
Diskominfo dan BPS Sambangi Kelurahan Kapalo Koto Dibalai
ARAHAN—Kepala BPS Kota Payakumbuh Desi Febriyanti saat memberikan arahan kepadapara pejabat lurah dan staf.

TIGOKOTODIATEH, METRO–Setelah sebelumnya diusulkan dan dicanangkan terhadap kelurahan Tigo Koto Diate dan Kapalo Koto Dibalai, kecamatan Payakumbuh Utara untuk menjadi kelurahan statistik, Badan Pusat Statistik (BPS) lakukan pem­binaan dan pendampingan bersama Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Payakumbuh ter­hadap kelurahan statistik yang telah ditunjuk.

Pembinaan dan pendampingan yang dilaksanakan BPS bersama Dis­kominfo berlangsung di kelurahan Kapalo Koto Dibalai, yang dihadiri  Kepala BPS kota Payakumbuh Desi Febriyanti, Kabid Kehumasan Dis­kominfo Aulia Fajrin, kasi Statistik Bismikal dan lurah bersama pegawai kelurahan Kapalo Koto Dibalai.

Diawal penyampaiannya dalam pendampingan dan pembinaan ter­sebut, Kepala BPS Desi Febriyanti sampaikan bahwa tujuan kegiatan turun lapangan langsung untuk me­ngimplementasikan data terhadap penyediaan data statistik dari kelu­rahan melalui wali data dinas Kominfo kota Payakumbuh.

Desi juga menyampaikan jika kelu­rahan Kapalo Koto Dibalai merupakan kelurahan kedua setelah sebelumnya kelurahan Tigo Koto Diate ditunjuk sebagai pilot project untuk kelurahan statistik pada tahun 2020 silam.

Dan jika program kelurahan sta­tistik berjalan lancar, menurut Desi, kota Payakumbuh bisa memiliki literasi yang jauh lebih bagus dibandingkan daerah lain. “Dan dengan meng­gunakan data tersebut, progres kema­juan pembangunan di Sumatra Barat terutama di kota Payakumbuh akan lebih terukur dan dapat menghasilkan hal-hal yang nyata untuk kesejahteraan masyarakat,” terang Desi, Rabu (25/8).

Sementara itu Kabid Kehumasan Aulia Fajrin mengatakan jika sebagai wali data Diskominfo melalui seksi Statistik di bidang kehumasan akan selalu turut serta dalam mensukseskan tercapainya satu data.

Menurut Kabid Kehumasan ter­sebut, selain pendamping Diskominfo  juga turut memfasilitasi penyediaan infrastruktur dan jaringan dalam mendukung program ini, seperti de­ngan diperkuatnya akses untuk jari­ngan akses internet, bimtek dan ke­giatan lainnya yang tentu untuk men­sukseskan program ini.

Lebih lanjut, Fajrin berharap de­ngan telah dibentuknya kelurahan statistik ini, maka dalam mencapai tujuan satu data dapat segera terea­lisasi untuk kota Payakumbuh.

Kemudian Fajrin juga tidak lupa menyampaikan bahwa tujuan akhir dari program ini agar kota Paya­kumbuh memiliki basic data dari setiap kelu­rahan, sehingga data yang dimiliki ini merupakan data yang akurat, ber­kualitas dan mudah di im­ple­men­tasikan serta tentunya dapat diperoleh dan diakses oleh seluruhnya”, tu­kasnya.

Dan dengan pembinaan serta pendampingan dari BPS dan Dis­kominfo kota Payakumbuh untuk me­wujudkan kelurahan statistik, Plh. Lurah Kapalo Koto Dibalai Randika Petra sangat mengapresiasi serta ucapkan terima kasih, serta dengan pembinaan dan pendampingan ini, kelurahan Kapalo Koto Dibalai dapat menjadi pilot project lanjutan dalam mewujudkan kelurahan statistik di kota Payakumbuh. (uus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional