Menu

Disdukcapil Tidak Berhenti Berinovasi 

  Dibaca : 279 kali
Disdukcapil Tidak Berhenti Berinovasi 
BERINOVASI— Kadis Dukcapil Muhammad Fadhly bersama Kajari Pariaman yang berkomitmen untuk terus berinovasi. (efa nurza/posmetro)

PDG.PARIAMAN, METRO – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Padangpariaman tidak henti-hentinya mendapat kunjungan dari berbagai pihak yang ingin mleihat dari dekat bagaimana dinas tersebut dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

”Pemkab Padangpariaman mengapresiasi apa yang telah dilakukan dinas tersebut untuk kemajuan daerah yang lebih baik dalam memberikan pelayanan publik,” kata Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni didampingi Kadisdukcapil Muhammad Fadhly.

Contohnya, Disdukcapil Padangpariaman dikunjungi Direktur Pencatatan Sipil Andi Kriarmoni. Rombongan tersebut langsung disambut dalam ruangan prisma room Disdukcapil.

Muhammad Fadhly memaparkan, dengan banyak tamu ini di ruangan Prisma Room dapat memberikan penjelasan kepada semua tamu yang datang. Mereka diberikan paparan tentang percepatan Dukcapil Go Digital dan penguatan sistem pelaporan kelahiran dan kematian tepat waktu mulai dari pencatatan kehamilan.

Baru-baru ini katanya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padangpariaman juga dikunjungi dalam rangka studi tiru oleh jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Selatan.

Mereka terdiri dari satu Sekretaris Dinas, tiga Kepala Bidang dan empat Kepala Seksi. Studi tiru dimaksudkan untuk melakukan komparasi terhadap apa yang telah dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padangpariaman dalam pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.

Muhammad Fadhly menjelaskan berbagai inovasi yang telah dilaksanakan di Kabupaten Padangpariaman. Sebanyak 21 inovasi dipresentasikan pada kesempatan ini.
Muhammad Fadhly menyampaikan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padangpariaman telah mengalami proses panjang dalam merubah wajah pelayanan publik dengan cara melakukan perubahan pada manajemen sumber daya manusia.

Perubahan itu diikuti dengan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dengan berbagai training atau pelatihan, mulai dari pelatihan ESQ sampai pelaksanaan pelatihan revolusi mental melalui perubahan pola pikir.

“Pada tahap awal, kita memprioritaskan perubahan mindset dengan cara melalukan berbagai pelatihan dan sampai saat ini kita sudah melaksanakan empat kali ESQ dan satu kali training revolusi mental dan team building,” jelas Fadhly.

Mengenai kesinambungan proses perubahan organisasi, Fadhly menjelaskan bahwa membangun leadership atau kepemimpinan disemua level sangat penting. “Perlu terus dilakukan brainstorming, pencerahan dan menanamkan nilai-nilai teamwork kepada semua pelaku pelayanan. Dan hal yang lebih penting adalah leadership dari pimpinan tertinggi OPD”, jelas Fadhly.

Menurutnya, memimpin dengan memberikan contoh adalah faktor penting untuk membentuk karakter team kerja, agar ada yang menjadi panutan dalam bekerja mencapai visi OPD, dan itu adalah bagian penting dari leadership.(efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional