Menu

Disdukcapil Padangpariaman Miliki 29 Inovasi

  Dibaca : 170 kali
Disdukcapil Padangpariaman Miliki 29 Inovasi
JEMPUT BOLA— Si Preti program inovasi dari Disdukcapil Kabupaten Padangpariman melakukan jemput bola untuk perekaman KTP-el ke bagi SLTA yang telah cukup umur. 

PDG.PARIAMAN, METRO
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Padangpariaman terhitung November 2019 memiliki sebanyak 29 inovasi pelayanan. 2 di antaranya adalah inovasi Si Bimo dan Si Preti.

Kadisdukcapil Padangpariaman Mihammad Fadly mengatakan, Si Bimo atau yang merupakan singkatan dari Bisa Melayani On the Spot merupakan program inovasi yang telah diterapkan sejak tahun 2016, yang digandeng oleh Program Pedang Saber (Petugas Datang Semua Administrasi Beres).

Ia mengatakan, Si Bimo sendiri merupakan sebutan untuk kendaraan yang digunakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam melaksanakan pelayanan lapangan keseluruh nagari di Kabupaten Padangpariaman, yang prinsipnya langsung selesai di tempat.

Kata Fadly, bisa dikatakan bahwa pelayanan Si Bimo merupakan pelayanan kantor berpindah, tidak ada yang membedakan pelayanan Si Bimo dengan pelayanan langsung di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, karena semua dokumen kependudukan dapat dilayani. Namun yang membedakan adalah tempatnya yang lebih dekat dengan masyarakat di Kantor Wali Nagari setempat.Setiap tahunnya si Bimo melayani ke 103 nagari di Kabupaten Padangpariman, pelayanan nagari ini bisa bertambah dan berkurang sesuai dengan permintaan dan kebutuhan masyarakat per nagari di Kabupaten Padangpariaman.

Kemudian, kata Fadly, Si Preti yang merupakan singkatan dari Sistem Perekaman Data Sejak Dini. Jika tadi Si Bimo digandeng oleh Pedang Saber, sekarang Si Preti digandeng oleh Kadoku KTP-el. Si Preti ini merupakan mobil dinas bekas OPD lain, mobil model tahun 80-an, yang dimodikasi sedemikian rupa hingga berubah menjadi mobil yang cantik dan layak digunakan.

Program Si Preti ditujukan untuk siswa SLTA di Kabupaten Padangpariaman yang akan menuju usia 17 tahun, untuk melakukan perekaman. Siswa ini akan mendapatkan KTP-el nya saat yang bersangkutan berulang tahun ke-17. Dengan cashing yang di design khusus serta piagam dari Bupati  Padangpariaman.

Lanjutnya, KTP-el akan dicetak dan dikirimkan oleh Dinas Dukcapil bekerjasama dengan PT POS Indonesia. Sehingga siswa hanya perlu menunggu sambil belajar, tepat di hari ulang tahun ke-17 KTP-el lansung diserahkan.

“Siswa tidak perlu lagi melakukan perekaman dan mengurus KTP-el nya ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil,” ujarnya.
Fadly menambahkan, Si Bimo dan Si Preti memiliki jadwalnya masing-masing, yang setiap bulan selalu direfresh, digilir dan dipublis keseluruh media sosial dukcapil ceria, baik website, facebook, maupun instagram.

Dengan penjadwalan ini semua nagari dan SLTA di Kabupaten Padangpariaman akan mendapatkan gilirannya masing-masing. Diharapkan dengan keberadaan program ini dapat mempermudah masyarakat dalam mengurus dan mendapatkan dokumen kependudukannya. Sehingga masyarakat tak perlu jauh-jauh datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, cukup di nagari atau di sekolah yang bersangkutan.

Ia mengimbau warga Padangpariaman agar menggunakan atau mendownload Aplikasi Dukcapilceria Mobile supaya permasalahan yang ada dengan surat-surat bisa diadukan melalui aplikasi ini. Pasalnya, dengan aplikasi ini warga tidak banyak menghabiskan waktu di Kantor Dukcapil. (z)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Iklan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional