Menu

Disdukcapil Layani Rekam e-KTP “Bulan Madu”

  Dibaca : 104 kali
Disdukcapil Layani Rekam e-KTP “Bulan Madu”
Disdukcapil Layani Rekam e-KTP "Bulan Madu"

PADANGPARIAMAN, METRO
Dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Padangpariaman 9 Desember 2020 mendatang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padangpariaman melakukan layanan langsung perekaman data KTP Elektronik dengan program Bulan Madu (Sebulan Merekam Data Untuk Pemilu) bersama KPU Kabupaten Padangpariaman.

Dengan membawa motto gunakan hak pilih anda pada pemilihan kepala daerah tahun 2020 dengan KTP elektronik, telah disusun jadwal hingga hari pencoblosan yang dimulai sejak tanggal 29 Oktober 2020 di kecamatan Sungai Geringging. Selanjutnya tim akan datang ke nagari-nagari setiap harinya, untuk memberikan pelayanan langsung perekaman biometrik dan cetak KTP Elektronik.

Program yang digelar sebulan lebih ini, masing-masing kecamatan disediakan waktu pelayanan selama 2 hari untuk 2 nagari. Dengan harapan, di hari pencoblosan nanti tidak ada lagi masyarakat yang wajib pilih tidak memiliki KTP Elektronik. Khususnya pemilih pemula, yang berusia 17 tahun.

Program kolaborasi bersama KPU ini, dilakukan oleh “Si Bimo” tim pelayanan dari Dinas Dukcapil dan didampingi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk di kantor Camat. Sedang pelayanan di nagari, si Bimo akan didampingi oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) setempat. Dengan demikian, masyarakat akan terlayani dan bisa mendapatkan langsung KTPnya saat itu. Karena pelayanan perekaman KTP Elektronik di nagari, dilakukan pencetakan di kantor Camat setempat.

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, tanggal 4 November 2020 mulai pukul 09.00 wib sampai 15.00 wib. Tim pelayan si Bimo hadir di Kantor Camat Ulakan Tapakis dan Nagari Sandi Ulakan. Kemudian, pada tanggal 5 November 2020 pada waktu yang sama, kembali pelayanan dilaksanakan di kantor Camat Ulakan Tapakis dan di nagari Manggopoh Palak Gadang Ulakan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Padangpariaman M. Fadhly menyampaikan program ini adalah kerjasama dengan KPU Kabupaten Padangpariaman, dalam melayani para pemilih pemula dan masyarakat yang belum memiliki KTP Elektronik.

Sehingga pada pelaksanaan Pilkada nanti, angka partisipasi pemilih di kabupaten Padangpariaman akan meningkat.

“Setelah ini, tidak ada lagi warga kita yang sudah mempunyai hak pilih tapi tidak terdaftar sebagai pemilih, hanya dengan alasan tidak memiliki KTP Elektronik. Pelaksanaan program ini, sengaja kita manfaatkan waktu yang tersisa jelang hari pemilihan. Artinya, wsktu sebulan lebih ini digunakan Tim pelayanan bersama PPK turun ke nagari mengantarkan KTP buat mereka,” ujar Fadhly.

Fadhly menjelaskan, bahwa program inovasi ini juga bertujuan untuk menghindari penumpukan masyarakat yang datang mengurus administrasi kependudukan di kantor Dukcapil. “Karena saat ini kita masih dalam suasana pandemi covid-19, maka pelaksanaan pelayanan tetap harus memperhatikan protokol kesehatan,” ujarnya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional