Menu

Disdukcapil Ingatkan Pentingnya Satu Data untuk Semua

  Dibaca : 71 kali
Disdukcapil Ingatkan Pentingnya Satu Data untuk Semua
KUNJUNGI—Bupati Limapuluh Kota ketika berkunjung ke Dinasdukcapil kemarin.

LIMAPULUH KOTA, METRO
Pentingnya 1 data untuk semua yaitu data penduduk dengan NIK (Nomor Induk Kependudukan) sebagai data dasar dalam setiap pengambilan kebijakan maupun perencanaan pembangunan.

“Dalam pelaksanaan pemberian hak akses dan pemanfaatan data kependudukan semakin hati-hati karena data pribadi penduduk harus dilindungi dan dijaga kerahasiaannya,” demikian disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil melalui Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan (PDIP), Kabupaten Limapuluh Kota, Asri Melwani, pada acara Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 102 Tahun 2019 Tentang Pemberian Hak Akses Dan Pemanfaatan Data Kependudukan di 13 kecamatan dan 26 nagari di Kabupaten Lima Puluh Kota baru baru ini.

Sosialisasi ini dilakukan untuk menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri No 102 Tahun 2019 tentang Pemberian Hak Akses dan Pemanfaatan Data Kependudukan. Bagi perangkat nagari dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lima Puluh Kota.

”Kami berharap pemanfaatan data oleh Perangkat Daerah di Kabupaten Limap uluh Kota ini bisa berjalan sesuai dengan harapan dan menyesuaikan Peraturan Perundang-undangan yang ada yaitu Permendagri 102 Tahun 2019 Tentang Pemberian Hak Akses dan Pemanfaatan data Kependudukan,” kata Kabid Asri Melwani, S.Sos.

Dia berharap kepada perangkat nagari untuk melakukan percepatan pemanfaatan Data Kependudukan dalam mendukung program pembangunan. Di masa pandemik covid-19 saat ini banyak bantuan pemerintah diberikan kepada masyarakat harapannya data penerima bantuan dapat di sinkronkan dahulu dengan data dukcapil agar pemberian bantuan bisa lebih tepat sasaran.

Pemanfaatan data kependudukan dipahami sebagai aktivitas pemberian hak akses atas data kependudukan oleh Menteri Dalam Negeri kepada lembaga pengguna dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik, penelitian, perencanaan pembangunan, dan atau penegakan hukum. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional