Menu

Disdukcapil Dikunjungi Mahasiswa UNP

  Dibaca : 547 kali
Disdukcapil Dikunjungi Mahasiswa UNP

PDG.PARIAMAN, METRO – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padangpariaman, kemarin, menerima kunjungan dari  4 orang Mahasiswi Universitas Negeri Padang (UNP) Jurusan Ilmu Administrasi Negara.

“Kunjungan mahasiswa tersebut bertujuan dari Kunjungan ini adalah untuk meminta informasi mengenai Managemen E-Complaint (layanan pengaduan) di Dukcapil Kabupaten Padangpariaman,” kata kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Padangpariaman Muhammad Fadhly, kamarin.

Katanya, tim dukcapil ceria menjelaskan bahwa dalam Pelaporan E-Complaint oleh masyarakat di Kabupaten Padangpariaman terkait dokumen kependudukan dapat dilakukan melalui Aplikasi Dukcapil Ceria Digital yang dapat di download di playstore untuk android ataupun dengan membuka alamat web Dukcapil Ceria Digital melalui perangkat komputer, dan kemudian memilih menu pengaduan tamasya, yang merupakan singkatan dari “tampek mengadu masyarakat” atau tempat mengadu masyarakat.

Dikatakan, dengan aplikasi ini, masyarakat akan mendapatkan reply langsung melalui SMS terhadap pengaduan yang mereka ajukan. Disini juga tercatat secara online semua pengaduan masyarakat dan bisa di cek ulang.

Hingga saat ini tercatat sebanyak 997 pengaduan yang telah berhasil di proses sejak tahun 2019, yang dikerjakan oleh 1 (satu) orang operator khusus layanan pengaduan.

Dalam pelaksanaannya, rentang waktu yang dibutuhkan dalam penyelesaian setiap pengaduan beranekaragam, tergantung tingkat permasalahan yang dilaporkan masyarakat.

Untuk penyelesaian masalah yang tidak memerlukan koordinasi atau keterkaitan dengan dengan OPD lain, misalnya terkait Nomor Kartu Keluarga yang tidak sinkron yang biasanya dialami oleh masyarakat yang akan mendaftar CPNS dapat diselesaikan dalam hitungan menit.

Sedangkan untuk permasalahan yang memerlukan keterkaitan OPD lain seperti pengurusan pindah datang luar kota, bisa memerlukan waktu yang lebih lama, tergantung respon dari OPD (disdukcapil) luar daerah tersebut.

Selain melalui aplikasi online, masyarakat juga bisa datang langsung ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padangpariaman dengan mengambil nomor e-Antrian dan menuju Ruangan Pengaduan, yang dilayani setiap Hari Senin hingga Jumat mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

“Sebenarnya tidak ada batas usia dalam pengaduan, semuanya dapat mengajukan layanan pengaduan, namun pada umumnya yang mengajukan layanan pengaduan di Kabupaten Padangpariaman adalah rentang usia 17 hingga 60 tahun,” ujar Danti Ayu Fradina, SIP, Fungsional Umum di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padangpariaman saat ditanya oleh salah satu mahasiswi UNP terkait usia masyarakat yang dapat melakukan pengaduan.

Tim Dukcapil Kabupaten Padangpariaman pada kesempatan ini juga mengekspos inovasi-inovasi yang diterapkan oleh dukcapil ceria, yang dapat memudahkan masyarakat dan mempercepat proses layanan, yang tentunya dengan kemudahan-kemudahan ini dapat menekan angka pengaduan dan permasalahan-permasalahan yang dialami masyarakat terkait pengurusan dokumen kependudukan. .(efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional